Every journey always begins with one step, Semua perjalanan bermula dari satu langkah kaki ....

Minggu, 22 Maret 2020

Jangan Besar Terlalu Cepat ya Nak :-)

Namanya Syifa, kami biasanya memanggilnya Cipa. Nama Cipa ini pertama kali dipopulerkan oleh Neneknya, ya Ibu istri saya. Waktu masih bayi neneknya biasa memanggil Syifa dengan sebutan Cipa, ya jadilah kami ikut-ikutan memanggil anak kami Cipa. Karena terdengar lucu untuk anak bayi, bahkan hingga kini usianya sudah 3 tahun masih terdengar lucu. Tapi entah mungkin suatu ketika saat dia tumbuh makin besar, rasanya nama panggilan ini sudah tidak relevan lagi. Entah kapan kami akan memanggilnya Syifa, atau bahkan mungkin dia sendiri yang akan protes karena dipanggil Cipa dan meminta dipanggil dengan nama sesungguhnya. hehe.

Setiap malam, sekitar jam 9, setelah kami biasanya berada di ruang makan, atau tempat bermainnya dia, dia akan meminta untuk masuk kamar. "Ayah, ayook masuk kamar" katanya. Setelah masuk kamar, dia akan minta nyalain AC. "Ayah, nyalain AC dong". Ia sudah bisa membedakan kamar yang pakai AC atau tidak. Pernah suatu ketika, AC kami rusak dan hampir 1 bulan kami tidak pakai AC, melainkan pakai kipas angin. Untungnya dia tidak merengek harus pakai AC. Ia masih bisa tidur seperti biasa, meski bangunnya lebih cepat dari biasanya kalau pakai AC.

Setelah masuk kamar, dia seringnya meminta kami untuk membacakan buku. Saya senang membaca buku dan mengoleksi buku, dan saya berharap anak saya pun demikian. Kami ajarkan sejak dini untuk selalu membaca buku. Macam-macam buku akan dia ambil dari koleksi bukunya dan meminta saya atau gak bundanya untuk membacakan. Setelah 1 selesai, ia akan meminta dibacakan buku yang lain. Sampai terkadang kami sendiri yang bosan membacanya. Apalagi kalau ada buku baru, ia pasti akan meminta dibacakan berulang ulang. Tapi ternyata, meski ada buku baru, saya bisa bilang kalau ia punya beberapa buku favorit-nya. Buku favorit-nya adalah yang berhubungan dengan hewa.

Buku yang berisikan cerita hewan adalah buku yang paling ia suka. Ohya, sama buku ruang angkasa, yang ada gambar anak kecil berpetualang keliling tata surya, adalah salah satu buku favoritnya. Untuk buku hewan, ia tak pernah bosan untuk minta dibacakan.


Setelah 3-4 buku selesai dibaca, biasanya ia akan bermain apa saja. Entah itu menari-nari, loncat-loncat, dan apapun yang bergerak. Dan setiap kali ia melakukan aktifitas, ia akan selalu meminta kami untuk memperhatian. "Ayah, sini lihat Cipa" katanya sambil mengarahkan wajah saya kearahnya. Satu hal yang saya tau, anak saya ini ingin sekali jadi pusat perhatian.


Ohya, selain itu ia sangat senang menirukan seorang MC yang sedang ngomong didepan orang. Ia sering menirukan anak kecil pembawa acara Fun Friend. Ia akan berdiri, tangannya seolah memegang Mic, lalu ngoceh yang terkadang saya gak bisa menangkap apa maksud kalimatnya. Dia senang tampil dan ngomong. Itu yg bisa saya tangkap dari anak saya.

Dia cepat sekali belajar, itu yang bisa saya simpulkan dari anak saya. Saya sudah banyak melakukan hal yang kadang saya gak nyangka ia bisa.

Suatu ketika dia bilang ke saya "Ayah, itu Lingling, rabbit". Saya kaget, weew, dia tau kalau kelinci itu bahasa inggrisnya  rabbit, meski ngomongnya masih cadel tidak terlalu jelas terdengar, tapi saya bisa menangkap maksudnya. Suatu ketika kami berjalan-jalan, dan ia melihat ada tulisan besar dipinggir jalan lalu dia menunjuk baliho itu sambil bilang " Ayah, itu huruf O"...hahaha., dia langsung bisa mengenalinya. Diantara huruf latin, O, A, I, U, B adalah beberapa huruf yang pertama-tama paling dia hafal. Untuk huruf lainnya, kadang dia masih mikir lama lalu akan bilang "Aku tidak tahu"...hahaha. Ya kalau dia tidak tau biasanya dia akan bilang seperti itu. Rasanya saya yang kadang bilang begitu ketika pertanyaanya sulit dan saya memang tidak tau saya akan bilang "Ayah tidak tau nak" kata saya. Lebih baik bilang tidak tau jika memang kita tidak tau bukan?

Well, saya nulis ini pertama komputer kami dirumah. Ini komputer bekas yg saya beli untuk keperluan keluarga suatu ketika, atau nanti pas membantu saya menyelesaikan Thesis insyaALLAH setahun lagi.

Cipa, sekarang ada dibelakang saya sambil megang buku gambar. Semoga ia selalu sehat, diberkahi hidup yang baik, dan bisa memberi pancaran kebaikan pada sesama.

Baik baik ya Cipa, jangan besar terlalu cepat ya :-)


-Catatan Perjalanan Hidup-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read Also

  • Keluarga - Hidup itu akhirnya adalah tentang membuat prioritas dan memilih, Semakin tua usia kamu, semakin kamu makin tau apa yang benar-benar prioritas untukmu, unt...
    7 bulan yang lalu