Every journey always begins with one step, Semua perjalanan bermula dari satu langkah kaki ....

Kamis, 04 Februari 2010

PELANTIKAN KABINET SEMANGAT BARU BEM FPIK 2010

Kamis 4 Februari 2009 adalah hari yang bersejarah bagi kepengurusan lembaga mahasiswa FPIK, khususnya Senat Mahasiswa, BEM FPIK, dan kedua himpunan mahasiswa jurusan yaitu HMIK dan KMP, karena tepat hari ini berkisar pukul 15.00 WIB adalah proses pelantikan bagi pengurus lembaga tersebut yang akan menjalankan tanggungjawabnya ditahun 2010 ini. Selain itu pelantikan berasa sangat istimewa karena dilantik langsung oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Prof.Dr.Ir.Johanes Hutabarat M.Sc, yang didampingi oleh PD3 FPIK yaitu bapak Ir. Nur Taufik, MappSc, beserta para dosen pembina kemahasiswaan fakultas, yaitu Ibu Ima, Pak Bogi, Pak Munasik, Pak Aris, dan Bu Uun, beserta kasubag bidang 3 FPIK, Ibu Yayuk yang sangat baik hati. Bahkan Bapak Dekan meyempatkan waktu khusus untuk melantik langsung disela-sela kesibukan beliau sebagai seorang dekan, staf ahli mentri DKP, dan ketua forum Dekan FPIK se-Indonesia. Momen bersejarah ini bertambah lengkap karena kehadiran semua pengurus inti dari keempat lembaga, sehingga pelantikan kali ini terasa mempunyai aura kekeluargaan dan keakraban antara masing-masing pengurus yang sangat erat dan hangat.

Alhamdulilah, berhasil dilantik yaitu ketua Senat Mahasiswa FPIK 2010 saudara Rico Hendrawan, ketua BEM FPIK 2010 saudara Panca Dias Purnomo, ketua KMP (Keluarga Mahasiswa Perikanan) saudara Handi Maksud, ketua HMIK (Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan) saudara Tezar Rafandi. Proses pelantikan berlangsung dengan khidmat dan lancar, dimulai dari pelantikan Senat Mahasiswa terlebih dahulu oleh SM periode 2009, dilanjutkan pembacaan ikrar sumpah dipimpin oleh Dekan FPIK. Kemudian dilanjutkan pelantikan BEM FPIK, HMIK, dan KMP, setelah itu serentak ketua beserta jajaran pengurus inti lembaga eksekutif tersebut membaca ikrar sumpah pelantikan yang dipimpin langsung oleh Dekan FPIK.

Sumpah pelantikan berbunyi:

“Dengan menyebut nama Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa, kami berjanji akan melaksanakan tugas sebagai ketua, wakil ketua, dan anggota kemahasiswaan baik yang ada ditingkat jurusan maupun yang ada ditingkat fakultas perikanan dan ilmu kelautan dengan sungguh-sungguh dan dengan sebaik-baiknya serta dengan dedikasi tinggi dan tanggung jawab, menjaga nama baik almamater………….”

Pembacaan sumpah kepengurusan ini berasa sungguh membawa perasaan tersendiri bagi masing-masing fungsionaris lembaga mahasiswa, sebab sumpah yang dibaca ini sangatlah menghunjam kuat masuk kedalam hati sanubari dan pikiran terdalam. Sumpah yang telah dibaca atas nama Tuhan ini membaca konsekuensi yang berat, yaitu bahwa masing-masing pengurus lembaga dari ketua hingga mentri departemen harus mampu menjalankan amanah yang merupakan hasil pemberian mahasiswa Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan melalui pemilu, dengan sebaik-baiknya, sungguh-sungguh, mempunyai dedikasi tinggi dan tanggungjawab seperti lafaz kalimat ikrar sumpah yang dibaca. Rasa semangat, optimis, dan keyakinan yang membara muncul manakala mengingat potongan-potongan kalimat ikrar sumpah pelantikan tersebut. Azam yang kuat semakin membuncah dalam hati saya untuk memberikan kontribusi maximal melalui tenaga, pikiran, hati dan kekuatan saya untuk membangun FPIK Undip menjadi fakultas terbaik di Indonesia dan Undip. Lets do it together, that is our dreams.

Mimpi untuk memajukan FPIK tentu tidak akan terwujud jika semua pihak saling mementingkan kepentingan masing-masing, oleh karena itu koordinasi dan komunikasi yang baik antara SM, BEM FPIK, HMJ, UKM, dosen dan birokrasi kampus yang telah terjalin harus terus ditingkatkan dan diperbaiki. Saya sangat teringat jelas dengan kata – kata bapak Dekan FPIK saat akhir sambutannya, beliau mengatakan “Kibarkan bendera FPIK Undip di seantero Nusantara”. Kata – kata ini terngiang-ngiang terus dikepala saya, dan menjadi kata penyemangat, pelecut motivasi bagi saya dan teman-teman untuk berusaha keras, melakukan yang terbaik untuk mengibarkan bendera FPIK Undip di seluruh Indonesia. Membawa nama besar FPIK Undip berjaya dikancah universitas maupun nasional. FPIK!!!!Jayaaa!!!

Foto bersama Kabinet Semangat Baru BEM FPIK 2010 (dari kiri-kanan. Atas: Taufan Qoriadi (IK’07, Staff Ahli DEPLU); Renaldi Bahri (IK’07, Wakil Ketua); Panca Dias Purnomo (BDP’07, Ketua); Imam Purnama Sidi (BDP’07, Komisi Ahli); Aditya Kurniawan (THP’07, MENKEU); Adityo Permonowastu (OCY’07, Mentri DEPOL). Bawah: Rinay Tyta F (MSP’07, Mentri DEPT PSDM); Deti Kurnia S (OCY’07, Mentri DEPT KESMA); Aditya Eka S (MSP’07, MENSESNEG); Ari Giri Dwi K (IK’07, Mentri BSO RISTEK)).

Saya pribadi, melalui lembaga yang saya pimpin ini mempunyai mimpi untuk mewujudkan FPIK menjadi fakultas yang memiliki budaya riset tinggi, memajukan SDM didalamnya, dan meningkatkan peran mahasiswanya terhadap perbaikan kondisi masyarakat dan bangsa. Saya tidak mungkin melakukannya sendirian, butuh bantuan dan dukungan dari semua pihak khususnya semua elemen mahasiswa FPIK.

Hidup mahasiswa!!!

FPIK!!!!Jayaaa!!!

Salam Perjuangan

Panca Dias Purnomo

Ketua BEM FPIK UNDIP 2010

Pancadp@gmail.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read Also

  • Keluarga - Hidup itu akhirnya adalah tentang membuat prioritas dan memilih, Semakin tua usia kamu, semakin kamu makin tau apa yang benar-benar prioritas untukmu, unt...
    7 bulan yang lalu