Every journey always begins with one step, Semua perjalanan bermula dari satu langkah kaki ....

Jumat, 30 April 2010

Mawapres UNDIP 2010

Kamis-Sabtu, 29 April-01 Mei 2010, pemilihan Mahasiswa Berprestasi UNDIP 2010 dilakukan di Hotel Grand Wahid Salatiga. Pengalaman sangat luar biasa, karena bertemu dengan orang-orang hebat seantero Undip. Kami berjumlah 17 orang, yaitu mawapres S1 dengan 11 orang sedangkan mawapres D3 6 orang. Semua mawapres memiliki keahlian dan spesifikasi berbeda-beda, dari segi kepribadian, prestasi, organisasi dan tentunya mental. Yang paling menyolok adalah dari karya tulis yang kita bawakan, hampir semua membawakan karya tulis berdasarkan disiplin ilmu masing-masing, disanalah letak keindahannya, bahwa wawasan kita semakin terbuka dengan gagasan menarik yang disampaikan oleh mawapres yang lain. Semuanya kreatif.

Saya akan mencoba menggambarkan kondisinya, Sebagai peserta yang diberikan fasilitas selama perlombaan dengan sangat istimewa, aku mengucap syukur kepada Allah yang memberikan kesempatan ini, dan terimakasih kepada Undip atas fasilitas mewah yang diberikan. Kami, peserta mawapres Undip, diinapkan dihotel berbintang bahkan yang terbesar dan termewah di Salatiga untuk menjalani masa pembinaan dan seleksi pemilihan. Tidak seperti pemilihan mahasiwa berprestasi sebelumnya yang hanya diuji satu demi satu, kali ini kami dikumpulkan dalam satu forum, mempresentasikan hasil karya tulis kepada semua juri dan mawapres yang lain, intensif berkomunikasi memakai bahasa inggris, sehingga setiap mawapres mampu saling belajar dari kelebihan dan kekurangan mawapres. Kami pun lebih saling mengenal, saling berbagi ide, diskusi satu sama lain, bertukar pikiran tentang banyak hal. Meskipun sangat terasa aura kompetisi diantara peserta, namun tidak mengurangi kehangatan interaksi antar peserta, justru semakin lama, persaudaraan itu muncul dengan kuat.

Luar biasa, moment yang tidak akan terlupakan seumur hidup, dimana saya bertemu orang - orang hebat dengan segala keahlian dan kelebihannya. Saya belajar banyak dari setiap mawapres tentang segala sesuatu yang ternyata banyak saya tidak tahu. Banyak pelajaran yang dapat diperoleh dari proses ini, saya semakin menambah ilmu, meningkatkan kapasitas diri dan mampu semakin mengenali diri sendiri. Semoga siapapun yang terplih mewakili Undip, nantinya dapat membawa nama harum Undip di tingkat nasional.

Saya berharap setelah ini, kekuatan untuk terus berprestasi dan meningkatkan kapasitas diri semakin menggebu gebu. Kemudian, kami, termasuk saya, pun harus bertanggung jawab terhadap keberlangsungan tongkat estafet mawapres di fakultas masing-masing. Kami bertanggung jawab mengkader penerus mawapres ini.

Terus berprestasi, meningkatkan kapasitas diri, jadi orang hebat luar biasa.

By: Panca Dias Purnomo
Ketua BEM FPIK Undip 2010
Mahasiswa Budidaya Perairan 2007

2 komentar:

Read Also

  • Keluarga - Hidup itu akhirnya adalah tentang membuat prioritas dan memilih, Semakin tua usia kamu, semakin kamu makin tau apa yang benar-benar prioritas untukmu, unt...
    7 bulan yang lalu