Every journey always begins with one step, Semua perjalanan bermula dari satu langkah kaki ....

Minggu, 27 Maret 2011

Newman Library

Sabtu, 26 Maret 2011

Kenwood Dr, 1105, VA, 05.55 pm

Perpustakaan NEWMAN

Gambar disamping adalah Perpustakaan Newman, perpustakaan pusat VT, dilihat dari belakang.

Bismillahirohmanirrohim, dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang, aku kembali tuliskan jejak – jejak dalam kisah perjalanan hidupku. Syukur atas segala nikmat yang telah Engkau berikan, nikmat yang tidak kuasa dihitung, meskipun gunung diseluruh dunia disatukan, takan pernah dapat menandingi berat nikmat yang telah Engkau turunkan. Maha Mulia Allah dengan Segala NikmatNya. Aku tundukan hati, kembali merenungi setiap alur perjalanan hidup dibumi, tiada yang luput dari nikmatMu, sampai detik ini. Subhanallah. Malu rasanya jika mengingat keburukan – keburukanku dulu. Terimakasih Ya ALLAH, meski terkadang dengan lancang, masih saja sering melupakanMU maupun hanya sekedar keluhan karena ketidaksesuaian dengan harapan, namun terus saja Engkau selalu berikan yang terbaik untukku.Tidak selalu yang aku inginkan, namun selalu yang aku butuhkan...yang aku impikan, selama itu baik dan untukMu, maka InsyaALLAH aku hanya akan menunggu waktu, Engkau pasti akan menjawabnya. Engkaulah Yang Maha Pengabul Doa. Amin.

Baru saja aku tiba dirumahku setelah siang hari ini mencari – cari buku referensi di perpustakaan Newman untuk tugas essay dikelas writingku. Alhamdulilah, aku mendapatkan dua buah buku yang semoga sesuai dengan topic yang ingin aku tulis, topic yang aku pilih berhubungan dengan leadership. Karena baru pertama kali meminjam dan mencari buku referensi di perustakaan Newman, aku membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk mencari dan menemukan buku yang aku inginkan. Perpustaakn Newam adalah perpustakaan utama Virginia Tech University. Perpustakaan ini sangat besar dan megah sekali, terletak di pinggir jalan akses utama kampus VT dengan bentuk gedung seperti gedung kebanyakan di VT yang dilapisi dengan batu Hokeys. Semua gedung kampus VT memang bagian luarnya dibuat dari batu hokeys, entahlah apa nama sebenarnya batu itu, yang pasti orang – orang di VT menyebutkan dengan nama itu. Gedung perpustakaan Newam terdiri dari beberapa lantai, aku belum paham sampai berapa lantai. Lantai 1 terdiri dari tempat untuk berdiskusi, tempat makan, café, dan beberapa rak buku dan movies. Lantai dua terdiri dari beberapa bangku dan pusat layanan informasi serta tempat peminjaman buku. Nuansa perustakaan ini memang sangat mewah, luar biasa. Setiap sudut ada beberapa deret komputer yang bisa dipakai oleh siapa saja gratis. Kursi dan meja tertata rapi, berguna untuk tempat diskusi, membaca, mengerjakan tugas, maupun browsing. Mewah. Rak – rak buku yang begitu banyak dan tinggi tertata sangat rapi, penomeran buku sangat rapi dan urut, memudahkan setiap orang untuk menemukan buku yang dicari.

Mencari buku di perpustakaan ini juga sangat mudah dan canggih. Aku tinggal memasukan keyword buku yang dicari, maka semuanya akan tertampil di layar komputer, mungkin semua buku dari berbagai belahan dunia ada disini. Aku menemui seseorang di pusat layanan infomasi menanyakan bagaimana caranya aku ingin mencari jurnal yang sudah aku tahu judul dan pengarangnya. Dia menjelaskan kepadaku dengan sangat ramah bagaimana caranya. Hingga aku tahu,perpustakaan ini sungguh canggih dan lengkap. Aku ingin mencari jurnal yang ditulis pada tahun 1939, sudah sangat tua bukan?namun daftar jurnal di tahun itu masih ada di perpustakaan, aku hanya tinggal memesan bahwa aku ingin meminjam, maka pihak perpustakaan akan mencarikannya untukku. Jurnal setua itu sudah di simpan dan tidak diletakan di rak buku seperti biasanya. Aku mencatat nomer – nomer buku yang ingin aku pinjam, kemudian aku mulai mencari. Disetiap judul buku yang ditemukan di layar komputer, tertera informasi dilantai berapa buku itu berada, dan ada beberapa buku yang tersedia dalam bentuk e-book. Selain buku, diperpustakaan ini aku dapat mengakses jurnal, newspaper, magazine, secara online. Jurnal terkemuka didunia yang biasanya harus bayar dan terbatas di kampusku, disini aku cukup hanya klik saja, referensi dalam bentuk online sudah bisa aku dapatkan. Ilmu pengetahuan mudah dicari disini.

Saat aku sedang mencari buku yang aku inginkan, berlalulah seorang bapak memakai jas rapi disampingku. Dia memandangku untuk sesaatnya, tidak lama kemudian dia membalikan badan dan bertanya “anything can I help u?”, aku bilang “iya, aku mau mencari buku ini, tapi belum ketemu”. Aku berikan dia secarik kertas yang berisi informasi letak buku, dia mulai mencari dan akhirnya dia menemukan buku yang aku inginkan. “this is your book”, dengan tersenyum dia serahkan buku itu kepadaku, aku pun menyampaikan terimakasih banyak sembari membalas senyumannya. Aku tidak tahu apakah dia petugas perpustakaan atau hanya sekedar pengunjung yang ingin meminjam buku, atau justru professor di VT. Petugas perpustaakn Newman yang aku temui untuk meminta bantuan sungguh sangat ramah dan baik sekali, termasuk bapak penjaga tempat peminjaman buku. Tidak seperti dikampusku sendiri seperti ya?hehe. Tempat peminjaman buku disini namanya “Circulation Store”. Jangka waktu peminjaman dua buku yang aku pinjam ternyata satu bulan, wooo, lama sekali. Sepertinya, tempat ini akan jadi tempat “nongkrong” favoritku kalau ada waktu bebas nantinya, ^^..

Setelah selesai dari perpustakaan aku berjalan menuju Student Squere Centre (SSC) yang terletak persis disebalah perpustakaan. Meskipun tidak jauh, aku harus keluar dari gedung dan berjalan beberapa ratus (mungkin) langkah hingga sampai kesana. Udara diluar ternyata sangat dingin. Aku berjalan dengan bergegas, kedua telapak tangan aku masukan kedalam jaket, dan syal aku pakai aku lilitkan ke leher serta kugunakan untuk menutupi mulut dan hidung. Suhu yang sangat dingin seperti ini memang sangat terasa tidak nyaman bagi mulut, hidung, dan wajahku. Aku sampai di SSC dan kemudian segera bergabung dengan teman-teman yang lain untuk berlatih memainkan angklung. Kami sepakat akan menampilkan kesenian alat music angklung saat stree fair pada tanggal 2 April nanti. Tinggal sebentar lagi, jadi kami harus sering latihan agar tampil maksimal.

Level 450

Aku ditempatkan dikelas 450, atau level 450, atau level 4, dengan level tertinggi adalah 6 (550). Setiap hari aku kuliah (sekolah) di Language and Culture Institute (LCI) mulai jam 08 am – 01 pm, kecuali di hari sabtu minggu. Kelas pertamaku adalah grammar, listening dan speaking. Kelas keduaku adalah reading dan writing. Kelas ketigaku adalah kelas English for Academic Purpose (EAP). Kelas grammarku diajar oleh Professor Neu, begitu beliau ingin dipanggil dikelas grammar. Perempuan tinggi, berambut pirang, dan berkacamata, yang aku lihat sepertinya sudah berumur di atas 45 tahun. Beliau sangat baik dan menyenangkan dalam mengajar. Profesorku dikelas writing dan reading bernama professor Cristman. Perempuan yang sudah berputri dua ini mempunyai gaya mengajar yang unik dan mengasikan. Beliau berperilaku seperti laki – laki, tomboy, ceplas – ceplos, suka iseng, dan kadang – kadang aneh. Namun, dengan gaya mengajarnya yang berbeda seperti itu, aku justru merasa sangat nyaman dan tertarik setiap kali ada dikelasnya. Dia orang yang sangat menarik. Dibalik sisi uniknya itu, professor Cristman sangat suka member homework yang sangat banyak kepada kami, setiap hari, bahkan weekend pasti ada tugas yang harus dikerjakan. Setiap hari aku harus menulis cerita dijurnal, menjawab pertanyaan di buku panduan, membaca novel, dan mengerjakan tugas – tugas lain yang beliau berikan. Meskipun beliau sangat banyam memberikan tugas, dan meski kadang aku tidak bisa mengerjakan, namun aku lebih merasa senang ada dikelas reading dan writing. Novel yang dia beri untuk dibaca mempunyai cerita yang sangat menarik bagiku, aku jadi makin semangat membaca novel. Hehe

Aku berada dikelas yang berbeda – beda dengan teman – teman dari Indonesia lainnya. Dikelas grammarku, ada 5 mahasiswa Indonesia, sedangkan yang lainnya ada yang dari arab Saudi, china, Uzbekistan, dari total mahasiswanya 18 orang. Dikelas readingku ada 5 orang mahasiswa Indonesia juga, namun dengan orang yang berbeda, dan mahasiswa dari Negara lain yang sama seperti di kelas grammar. Mayoritas mahasiswa internasional di LCI berasal dari timur tengah (arab Saudi) dan china. Kami berkomunikasi didalam kelas satu sama lain dengan menggunakan bahasa inggris sebisa kami, meskipun masih tebata – bata dan kadang tidak mengerti apa maksutnya. Kami memang masih belajar. Aku juga mencoba memahami penjelasan profesorku dalam bahasa inggris amerika yang ia ucapkan. Meskipun banyak tugas, aku mencoba menjalani momen menuntut ilmu ini dengan bahagia, tanpa rasa tertekan sedikitpun. Mayoritas teman – temanku adalah mahasiswa jurusan bahasa inggris, jadi saat menerima kuliah mengenai tenses, gerund, listening, dan materi – materi dasar penguasaan bahasa inggris, sepertinya bagi teman-temanku sudah biasa. Aku harus mencoba untuk seperti mereka, membiasakan diri dengan pelajaran bahasa inggris ^.^, meski banyak materi dasar bahasa inggris yang tidak aku pahami dengan baik…hehe. Semangat!!!. Nuansa kelas yang aku ikuti selalu Nampak aktif, kami selalu diminta untuk berdiskusi dalam menjawab pertanyaan, saling memberi argument tentang jawaban yang diberikan. Menyenangkan.

Jangan terlambat masuk kelas, karena sangat berbahaya. Peraturan mengenai waktu disini sangat ketat, jangan coba-coba meremehkannya. Oleh karenanya, setiap hari aku harus berlari – lari kecil untuk mengejar bus, keluar dari bus menuju kelasku di pagi hari karena takut terlambat. Maklum, bus yang aku naiki dari rumah jadwal keberangkatannya agak mepet dari jam 08 am.

Beberapa hari yang lalu aku sungguh merasa senang karena berhasil menelfon keluarga di rumah, memberikan kabar bahwa aku baik – baik saja. Teknologi Skype sangat membantuku meskipun aku harus mengeluarkan 10 dollar untuk membeli Skype creditnya. Tidak apa, sebanding dengan kegembiraanku..

Sampai jumpa dijejak kisah perjalan kehidupan selanjutnya….Mohon maaf jika ada yang berlebihan atau yang tidak berkenan dihati.

Salam,

8 komentar:

  1. recomended place disana dimana ajaa??
    harga barang2 nya tergolong murah apa mahal??
    thx ya :)

    BalasHapus
  2. recommended place buat wisata ato utk keperluan apa?
    kalo harga,dalam dollar menurutku si murah2..Di walmart, best buy, barang2 disupermarket lumayan murah..aksesoris VT juga banyak dan lumayan murah...
    Oke,

    BalasHapus
  3. aku valent, cohort 9. dpt di virginia juga. tapi brgkt msh bln oktober bsk. hehe.
    qra2 klo 2 bulan, minimal bawa uang saku brp ya, mz?
    trs klo mw wisata, ada waktu ga sih?? pingin jalan2. hehe
    kalian homestay ya? klo prgi2, brg keluarga yg klian homestay-in disana ga?
    kmrn pake ngajuin proposal dana ke gubernur ga??

    BalasHapus
  4. Oke, dari universitas apa dek?
    Kalo untuk keperluan disini si uang dari IIE sudah cukup. Tapi kalo mau belanja dan beli2 barang yaa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhkan.
    Setiap akhir pekan pasti jalan2 kok, jadi jngan khawatir, lembaga bahasa di universitas kmu sudah mengaturnya...
    Kami homestay, tergantung pergi kemana dan komunikasi kalian dg hosefam...tenang dek, semuanya bisa dikondisikan kok..
    aku gak minta ke gubernur, cuma ke beberapa dinas aja. Tapi kamu bisa coba, mumpung waktunya masih lama...

    BalasHapus
  5. disana bisa pake im3 ga? apa via skype nelpon ke indonesia nya? hehe
    kalo ada recommended place, kasih tw yaa. hehe

    BalasHapus
  6. Tidak bisa pakek sellular dari indonesia, kmu bisa beli hape di sini. kalo mau nelfon ke indonesia bisa pakek skype.
    oke, goodluck
    Dont be worry if u want me tell something
    thanks

    BalasHapus
  7. kalo hp blackberry bs dipakai ga, mz?? soalnya klo lwt skype tuh beda e. haha

    BalasHapus
  8. Beberapa temenku yang pakek BB gak bisa.Kmu harus beli kartu USA, lalu diaktifkan, tapi sptinya mengaktifkannya ribet. Kebanyakan pada beli handphone sama kartunya, murah cuma skitar 30$.

    BalasHapus

Read Also

  • Keluarga - Hidup itu akhirnya adalah tentang membuat prioritas dan memilih, Semakin tua usia kamu, semakin kamu makin tau apa yang benar-benar prioritas untukmu, unt...
    7 bulan yang lalu