Every journey always begins with one step, Semua perjalanan bermula dari satu langkah kaki ....

Rabu, 16 Mei 2012

Balasan Email Inspiratif

Aku merasa sangat terharu ketika membaca email yang aku terima dari manajemen Indonesia mengajar. Meski aku yakin ini balasan email otomatis, karena tidak mungkin pak Anies Baswedan menulis ribuan balasan email kepada calon pengajar muda, namun tetap saja kalimat yang tertulis disana sungguh menyentuh semangat. Dan meskipun itu cuma kalimat dalam email biasa, namun saat aku membacanya, ada inspirasi dan semangat baru untuk mengabdikan diri dengan kontribusi terbaik bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan negara. Pak Anies, aku mengagumi Anda. 

Kalimat yang beliau tulis melalui balasan email otomatis ini, tidak sekedar memberi inspirasi namun juga semangat pengabdian dan kontribusi kepada bangsa dan negara. Baca saja kalimat dibawah ini, kamu pasti terharu. Memang benar Pak Anies, daripada menyalakan kegelapan lebih baik nyalakan lilin. Dari pada kita, kaum muda dan mahasiswa, menyalahkan pemerintah dan mengkritik mereka, lebih baik kita melakukan sesuatu yang nyata, real untuk memperbaiki kondisi bangsa dan negara ini. Tidak cuma Indonesia Mengajar saja sarana yang bisa dipakai, aku kira banyak sekali sarana pengabdian real kita yang bisa kita lakukan untuk tanah air tercinta ini. Jika bukan kita, siapa lagi?. Jangan cuma diam dan bangga setelah jadi sarjana, tapi dengarkan suara jerit ibu pertiwi memanggil sumbangsih kita. Ia sudah didera sakit berlarut-larut, karenanya singsingkan lengan baju, berikan pengabdian terbaikmu demi mewujudkan janji kemerdekaan kita.

TETAP SEMANGAT. Aku sekedar coba-coba saja, jika misal tidak diterima ya sudah, jika diterima ya disyukuri. ;-D. Nah, dibawah ini adalah balasan email dari IM, sangat inspiratif. 



Panca yang saya banggakan,

Saya dan seluruh tim Indonesia Mengajar mengucapkan terima kasih Panca telah menyelesaikan proses pendaftaran untuk menjadi calon Pengajar Muda. Nomor registrasi Panca adalah V-01778 dan status dari aplikasi tersebut dapat Panca periksa dari http://registrasi.indonesiamengajar.org/apply/my-account/ .

Kami bangga melihat kesediaan Panca menjadi Pengajar Muda. Panca  merupakan generasi baru republik ini yang menyatakan siap untuk mendapatkan kehormatan untuk melunasi salah satu janji kemerdekaan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Melihat kuatnya motivasi Panca untuk mengabdi membuat kita pantas bangga dan makin yakin bahwa di tangan anak-anak muda seperti Panca-lah bangsa ini akan maju dan cerdas, republik ini akan adil dan makmur.

Saya jadi ingat betapa Soekarno dan Hatta, serta para pejuang lainnya, memilih mengabdi dan berjuang demi kemerdekaan padahal mereka adalah sarjana di saat bangsa ini belum terdidik. Mereka bisa saja memilih hidup nyaman, mapan dan sejahtera untuk dirinya dan keluarganya. Tapi mereka memilih untuk berjuang. Hari ini kami bangga menyaksikan anak muda penerus kegemilangan itu.

Panca, kami bersyukur dan kami bangga dengan niat mulia Panca. Kami akan review dan kaji dengan cermat, dengan teliti dan penuh kesungguhan semua informasi dan tulisan dari Panca. Mari kita jaga kontak ini dan kita kuatkan jalinan pengabdian anak-anak muda untuk kemajuan republika tercinta ini.


Salam hangat,

Anies Baswedan

2 komentar:

  1. An juga terharu saat menerima email pembuka dari pak Anies tahun lalu. Begitu kecewa juga tatkala gagal dalam seleksi pertama. Namun, beliau memberikan dorongan semangat (lewat email jg) untuk selalu bangkit, memberikan yg terbaik untuk negeri.

    #Siip, Ca..Semoga Alloh SWT Meridhoi langkahmu ini,yaa ^^//

    BalasHapus

Read Also

  • Keluarga - Hidup itu akhirnya adalah tentang membuat prioritas dan memilih, Semakin tua usia kamu, semakin kamu makin tau apa yang benar-benar prioritas untukmu, unt...
    7 bulan yang lalu