Every journey always begins with one step, Semua perjalanan bermula dari satu langkah kaki ....

Kamis, 27 Mei 2010

PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL 20 MEI 2010

Aksi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia

Badan eksekutif mahasiswa seluruh Indonesia (BEM SI) melakukan aksi damai dalam rangka peringatan 102 tahun kebangkitan nasional bangsa Indonesia pada hari Kamis 20 Mei 2010. Aksi tersebut diawali dengan berkumpul di Universitas Negeri Jakarta sekaligus mengajak para mahasiswa UNJ untuk turut bergabung dalam aksi tersebut, kemudian dilanjutkan berangkat ke bundaran Hotel Indonesia dan kemudian long march menuju Istana Negara untuk menyampaikan aspirasi dan tuntutannya.

Lembaga mahasiswa yang tergabung dalam BEM SeLuruh Indonesia itu terdiri dari gabungan BEM dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, mulai dari Pulau Sumatera hingga Pulau Bali. BEM dari berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia yang dapat hadir pada aksi peringatan hari kebangkitan nasional tersebut diantaranya BEM UNRI, IPB, UI, UNPAD, UPI, UNDIP, UNNES, UGM, UNY, UNJ, UNAIR, UB, UNS, UNSOED, UDAYANA, POLINES, POLINEMA, dan masih banyak lagi. Masa aksi yang mencapai hampir 400 orang itu membanjiri jantung Kota Jakarta dengan lautan manusia beserta atribut dan bendera yang dipakai masing-masing perguruan tinggi.

Para mahasiswa ini menuntut pemerintah untuk secara serius memperbaiki reformasi yang telah bergulir selama 12 tahun, memberantas mafia peradilan, reformasi birokrasi secara optimal, dan pemberantasan korupsi secara tegas. Mereka pun menuntut agar kasus Bank Century segera diselesaikan, yakni dengan menyeret oknum – oknum terkait kasus itu ke meja pengadilan dan justru tidak menyuburkan lobi – lobi politik. Mereka juga menyinggung masalah kepindahan Sri Mulyani menjadi petinggi di Bank Dunia. Mahasiswa yang tergabung dalam BEM Seluruh Indonesia ini menyampaikan aspirasi mereka dari Bundaran HI melalui sepanjang jalan ke Istana Negara. Aksi tersebut akhirnya terhenti dan terpusat di depan Istana Negara. Aksi yang berjalan damai dan lancar itu berakhir sekitar pukul 16.00 tanpa menimbulkan kerusuhan ataupun aksi anarkis lainnya.

BEM UNDIP sendiri, turut berkonstribusi dalam aksi tersebut yaitu diwakili oleh BEM KM UNDIP dan seluruh BEM Fakultas yang ada di UNDIP dengan total jumlah mahasiswa UNDIP sebesar 52 orang.

@All reserved by: BEM FPIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read Also

  • Keluarga - Hidup itu akhirnya adalah tentang membuat prioritas dan memilih, Semakin tua usia kamu, semakin kamu makin tau apa yang benar-benar prioritas untukmu, unt...
    7 bulan yang lalu