Every journey always begins with one step, Semua perjalanan bermula dari satu langkah kaki ....

Sabtu, 10 Maret 2012

Masih (dan Selalu) Bangga Ber-Indonesia. Indonesia: The Ultimate in Diversity

Jika ada yang bertanya kepada saya, "apa yang membuatmu bangga menjadi putra bangsa Indonesia?", maka saya akan menjawab "karena Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia ini yang mempunyai keragaman (biodiversitas) paling besar sekaligus rumit, namun tetap bisa bersatu menjadi sebuah negara-bangsa". Sungguh menakjubkan, keanekaragaman yang luar biasa tinggi ini tetap mampu menopang Indonesia dalam sebuah tata kehidupan negara-bangsa yang harmonis dan damai. Indonesia lah satu-satunya negara di bumi ini yang bisa melakukan itu. 


Diambil dari [2]
Ya, Indonesia adalah negara dengan tingkat keragaman-dalam hal apapun-yang paling tinggi di dunia. Indonesia tersusun atas suku bangsa terbanyak di dunia, yakni lebih dari 740 suku bangsa/etnis. Indonesia mempunyai bahasa daerah/dialek (juga) paling banyak di dunia, yaitu lebih dari 583 bahasa daerah dari 67 bahasa induk yang digunakan oleh berbagai suku bangsa di negara Indonesia [1]. Suku-suku bangsa itu pun selain mempunyai bahasa yang berbeda, juga mempunyai ciri khas kebudayaan sendiri-sendiri. Setiap suku mempunyai tata cara dan adatnya sendiri, misalnya dalam tata cara pernikahan, kelahiran anak, kematian, hubungan sosial, kepercayaan, upacara adat, dan tata cara berpakaian. Ibarat seperti pelangi yang diakui keindahannya karena tersusun dari berbagai macam jenis warna.  Warna-warni pelangi membuat pelangi sedap dipandang mata. Saya katakan, begitu pula dengan Indonesia. Indonesia ibarat seperti pelangi. Indah karena keanekaragaman budaya yang menyusunnya. 

Sampai detik ini, saya masih saja mengagumi dan takjub dengan betapa sangat beragamnya masyarakat di negara ini. Itu lah satu alasan kuat saya, saya sangat bangga menjadi putra negara Indonesia. Pendiri bangsa ini tentunya telah berjuang mati-matian untuk mendirikan sebuah negara yang nyata-nyata terdiri dari banyak etnis dan suku. Satu hal pula yang membuat saya masih menghormati dan menghargai pemerintah adalah peran mereka dalam menjaga keutuhan negara ini. Menurut saya, tidaklah mudah menjaga keharmonisan kehidupan berbangsa dan bernenegara di negara-bangsa yang tersusun dari bermacam kebudayaan, etnis, dan suku seperti Indonesia. Salut dan 4 jempol layak saya berikan untuk pendiri negara-bangsa Indonesia dan pemerintah Republik Indonesia sampai detik ini.

Belum lagi dengan fakta bahwa Indonesia adalah negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia yakni 17.504 pulau. Jangan tanya tentang keanekaragaman flora dan faunanya. Indonesia adalah negara dengan tingkat biodiversitas (keragaman) flora dan fauna terbesar di dunia selain Brazil. Hutan Indonesia adalah tempat tinggal berbagai jenis tumbuhan dan hewan paling beragam di bumi. Banyak spesies hewan maupun tumbuhan yang tidak ditemukan di negara manapun selain di Indonesia. 

Benar sebenar-benarnya, Indonesia adalah negara yang sangat indah dengan susunan keanekaragaman manusia, alam, flora dan faunanya. Indonesia adalah pelangi yang sesungguhnya-yang pernah ada di bumi ini. 

Indonesia, negara yang selalu membuatmu rindu kampung halaman jika mengingat betapa berwarnanya negara ini. 

Saat misalnya saya berkumpul dengan teman-teman dari berbagai suku bangsa, ada yang dari Aceh, Palembang, Riau, Kalimantan, Sunda, Makassar, Gorontalo, Maluku, Papua, Bali, dan Jawa. Bahasa Indonesia yang kita gunakan untuk berkomunikasi satu sama lain mempunyai dialek atau ciri khas pengucapan yang berbeda-beda. Orang Aceh mengucapkan  kata "Kemana" dialeknya jauh berbeda dengan orang Sunda. Kata "Saya" jika diterjemahkan dalam bahasa Palembang, Bali, dan Makassar, akan menjadi satu kata yang berbeda. Memang luar biasa beraneka rupa Indonesia itu. Saya sangat senang mendengarkan mereka berbicara dalam bahasa daerah masing-masing dan saat itu pula kemudian saya akan bertanya arti ini dan itu dalam bahasa mereka. Betapa indah belajar bahasa dan kebudayaan baru di negeri sendiri. 

Saya sangat senang belajar bahasa baru, terutama saat saya bertemu dengan teman-teman dari suku yang berbeda-beda. Saya dapat bertukar ilmu mengenai bahasa dan kebudayaan saudara-saudara saya dari suku yang berbeda. Semakin banyak saya bertemu dengan suku yang berbeda dan berkunjung langsung ke banyak tempat di kepulauan Indonesia ini, saya semakin sadar bahwa kecintaaan dan ketakjuban saya kepada negara Indonesia, tumbuh semakin besar. Indonesia; luar biasa unik, indah, dan berwarna. 

Saya jadi teringat obrolan saya dengan salah satu motivator beberapa tahun yang lalu. Dia mengatakan "Belum lengkap rasanya jadi orang Indonesia jika seumur hidup cuma tinggal di Pulau Jawa saja. Emangnya Indonesia cuma ada Pulau Jawa?". Semenjak itu, saya semakin paham bahwa negara ini sangat luas, terdiri dari banyak pulau, suku, bahasa dan etnis. Sehingga saya memohon semoga saya berkesempatan mengunjungi setiap pulau di negara ini dan menyaksisan beragam budaya yang tersebar seantero Nusantara. [Amin]. Sudah seharusnya kita mengenal, tidak hanya suku dan bahasa suku kita sendiri, melainkan bahasa dan budaya suku lainnya. Karena, kita adalah bangsa Indonesia; orang Indonesia yang ber-"Bhineka Tunggal Ika", "meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua", satu tanah air, satu bahasa, dan satu bangsa; Indonesia. 

Akankah kita masih saja menginjak tanah Pulau Jawa saja seumur hidup?

Seperti slogan kementrian Parwisata Republik Indonesia "Kenali negerimu, cintai negerimu.". Tak kenal maka tak sayang. Sayang dan cinta kepada negaramu akan merasuk dalam nafasmu saat kamu sudah mengenali negaramu.


Indonesia, is truly amazing and wonderful

Indonesia, Maret 2012


Footnote:
[1] http://www.huteri.com/
[2] http://madeadhi.multiply.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read Also

  • Keluarga - Hidup itu akhirnya adalah tentang membuat prioritas dan memilih, Semakin tua usia kamu, semakin kamu makin tau apa yang benar-benar prioritas untukmu, unt...
    7 bulan yang lalu