Every journey always begins with one step, Semua perjalanan bermula dari satu langkah kaki ....

Jumat, 11 Juli 2014

Harga Diri Laki-Laki adalah Bekerja

Apa yang dapat dibanggakan dari seorang lelaki?. 

Seorang laki-laki dapat tertawa bangga ketika ia sudah mampu menghidupi dirinya sendiri. Ia sudah bekerja dan mandiri. Tidak lagi tergantung pada orangtua dan saudaranya. Harga diri laki-laki adalah ketika ia sudah bekerja. Bagi saya, mungkin nyata benarnya bahwa perbedaan menonjol antara laki-laki dan wanita adalah pada ego dan harga dirinya. Seorang lelaki akan berusaha sekuat mungkin untuk menghidupi dirinya dan keluarganya sendiri, dengan cara apapun, alih-alih sekedar mengandalkan bantuan orang atau bahkan keluarganya sendiri. Ya, meskipun sekedar numpang hidup di rumah orangtuanya (sendiri) atau mertua. Bagi laki-laki, dapat menghidupi diri sendiri dan tanggungannya adalah segalanya, melebihi kebanggaan terhadap apapun.

Tidak ada yang dipikirkan lelaki selain bagaimana caranya agar ia segera bekerja, mandiri, punya cukup kemampuan untuk menyiapkan masa depan untuk membuat keluarganya sendiri. Lelaki sejati selalu memikirkan tanggung jawabnya sebagai calon kepala keluarga. Suatu ketika ia dapat berbangga hati ketika, ia sudah mampu memberi sedikit hasil keringat pada orangtua, mampu membeli rumah sendiri, dan tentunya mampu menanggung semua biaya pernikahan sendiri. 

Karena lelaki adalah kepala dan pemimpin, secara naluriah mereka akan menuju kearah sana.Dan tak ada yang saya pikirkan selain bagaimana agar semua kebanggaan dan harga diri lelaki saya dapatkan. Bapak saya mengatakan "Seorang lelaki tidak boleh mengeluh!". Ya, tabu bagi seorang lelaki mengumbar kesusahannya karena lelaki adalah kepalanya. Jika kepala saja sudah loyo, adakah tempat lain untuk bersandar?.


-Catatan Perjalanan Hidup-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read Also

  • Keluarga - Hidup itu akhirnya adalah tentang membuat prioritas dan memilih, Semakin tua usia kamu, semakin kamu makin tau apa yang benar-benar prioritas untukmu, unt...
    7 bulan yang lalu