Every journey always begins with one step, Semua perjalanan bermula dari satu langkah kaki ....

Rabu, 02 September 2015

Important Skill You Need to Have in Workplace

Well, tidak banyak yang akan saya tulis dari halaman ini. Saya akan membuatnya sesingkat mungkin. Kali ini saya akan coba menulis sesuatu yang ada kaitannya dengan dunia kerja. 

Saya bekerja di bidang Human Resources saat ini. Banyak cabang HR yang secara khusus saya kerjakan, namun ada juga cabang lain yang, karena kondisi, saya turut serta mengerjakannya. Terkadang di dunia kerja, Anda akan mengerjakan banyak hal yang tidak sejalan dengan pengalaman sebelumnya, namun justru akan menambah skill dan knowledge Anda. 

Bekerja di bidang ini, erat kaitannya dengan menemukan orang yang tepat untuk mengisi posisi tertentu di perusahaan serta menilai kinjera karyawan secara spesifik. Ketika perusahaan mencari orang dengan spesifikasi khusus dan berpengalaman sebagai middle - top level management, ada satu aspek penilaian yang sangat penting disana yakni: Initiative & Change (inisiatif dan perubahan). 

Aspek ini, begitu penting sebagai tolak ukur seseorang dapat membawa dampak/impact maupun perubahan positif dalam sebuah organisasi. Seorang recruitment officer, maupun HR Manager ketika menggali pengalaman seorang kandidat, pasti akan mengarah pertanyaannya kedalam aspek tersebut. 

Ini pula yang harus dimiliki oleh Anda di dunia kerja, jika keberadaan Anda ingin membawa dampak bagi perusahaan. 

Inisiatif. Anda dapat mencetuskan ide, melakukan sebuah tindakan, dan bekerja secara mandiri serta mampu mengerjakan pekerjaan Anda secara baik dengan garis perintah yang minim. Anda bekerja tanpa harus disuruh terlebih dulu untuk bekerja. Anda sudah tau harus mengerjakan apa dan tanpa ragu berkonsultasi kepada rekan kerja atau atasan akan apa yang Anda kerjakan. Inisiatif juga berarti Anda mampu memulai sesuatu dari dalam diri Anda sendiri. Sikap ini begitu penting dimiliki jika Anda ingin sukses di dunia kerja. 

Pengalaman saya, mereka yang memiliki inisiatif yang baik dalam bekerja, akan mampu lebih cepat mengikuti irama pekerjaan dan mendapat kepercayaan dari lingkungan kerjanya. Kepercayaan ini sulit diperoleh jika seseorang tidak memiliki aspek-aspek yang penting dan berpengaruh dalam perusahaan. Dan dari pengalaman saya, mereka yang punya pengalaman organisasi dan terbiasa bersosialisasi dalam lingkungan yang dinamis dan heterogen mempunyai inisiatif yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak pernah berorganisasi sama sekali. Mereka yang memiliki inisiatif yang baik akan nampak lebih menonjol dari rekan yang lainnya. 

Change. Perubahan, adalah aspek lain yang penting untuk sukses di dunia kerja. Perubahan adalah sikap mental untuk tidak berada pada zona aman, dan keinginan kuat untuk 'create' atau membuat sesuatu. Terutama bagi Anda yang sudah menduduki posisi-posisi strategis dan pengambil kebijakan di perusahaan, aspek ini begitu penting. Karena sungai yang airnya diam adalah sumber penyakit. Penilaian terhadap aspek ini pun pasti akan selalu dilakukan kepada setiap pekerja di perusahaan, baik itu saat proses rekrutment, promosi, maupun evaluasi tahunan. 

Contoh real dari sikap ini adalah kemampuan Anda untuk mengidentifikasi kelemahan-kelemahan pekerjaan Anda, atau perusahaan Anda, lalu mampu mencari solusi untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan itu di masa mendatang. Selain kemampuan ini, Anda juga memiliki visi, yakni arah dari team, atau department maupun organisasi besar Anda dimasa datang. Change erat kaitannya dengan improvement dari pekerjaan sehari-hari Anda dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pekerjaan atau meninggikan produktivitas. 

Dua hal itu, yang menurut saya, harus Anda miliki untuk menjadi, baik itu team player maupun leader, yang membawa dampak bagi lingkungan kerja Anda. Ini adalah skill yang dapat dipelajari, dilatih, dan ditingkatkan. So, tidak ada kata berhenti dan cukup untuk selalu meningkatkan kualitas diri. Karena manusia adalah makhluk pembelajar yang selalu tumbuh dan berkembang. 

-Catatan Perjalanan Hidup-

1 komentar:

Read Also

  • Keluarga - Hidup itu akhirnya adalah tentang membuat prioritas dan memilih, Semakin tua usia kamu, semakin kamu makin tau apa yang benar-benar prioritas untukmu, unt...
    7 bulan yang lalu