Every journey always begins with one step, Semua perjalanan bermula dari satu langkah kaki ....

Selasa, 26 Juli 2016

Tunggu Saja

Di dunia yang serba digital ini, apa-apa yang kita lakukan, katakan, dan lain-lainnya dapat terekam dengan mudah dan rekamannya bisa saja tercecer dimana-mana. Kita begitu mudah mendokumentasikan apapun yang sedang kita lakukan dan dengan sengaja atau tidak, suatu hari, dokumentasi itu kita nikmati kembali. Entah dalam bentuk tulisan, percakapan, suara, gambar, bahkan video. 

Semua dokumentasi itu dapat muncul kapan saja, membawa semacam perasaan yang aneh. Sungguh. Entah bagaimana, rasanya terkadang kamu begitu bodoh bisa melakukan itu. Menyesal barangkali juga bisa. Tapi dulu, dokumentasi itu terjadi benar-benar adalah perkataan dan tindakan kamu. "Bagaimana mungkin dulu aku bisa berkata seperti itu?", "Bagaimana mungkin aku bisa melakukan itu?". Ahh banyak hal yang akan membuatmu terheran heran dengan masa sekarang saat kamu melihat dokumentasi masa lalu. Sunggu mengherankan. Belum tentu apa yang pernah kita katakan dan lakukan, sejalan dengan masa sekarang. Sedikitpun tidak. Belum tentu juga, masa dulu sama seperti yang dikatakan di masa sekarang. Manusia itu berubah. Waktu berlalu. Ahh, sungguh dunia ini begitu sangat aneh. 

Dulu bilang benci, sekarang bilang cinta. Dulu bilang rindu, sekarang bilang tak sudi. Dulu berkata kita, sekarang berkata aku. Dulu manis-manis, sekarang semuanya pahit atau sebaliknya. Waktu akan membuktikannya, dan pada saat kamu punya semua rekamannya, dan suatu hari membukanya kembali, kamu dapat tertawa sekeras-kerasnya. Karena sungguh, itu adalah peristiwa paling aneh dan mengherankan yang pernah kamu lalui. Terkadang kamu begitu bodoh masuk dalam pusaran peristiwa itu. Saat kamu bisa menertawakannya, disitulah letak kamu dapat berdamai dengan masa lalumu.  

Waktu mengubah manusia. Peristiwa dan pengalaman mengubah manusia, karenanya jangan pernah mengharap manusia akan seperti apa yang kamu bayangkan setiap waktu. Masa akan mengubah mereka. Mereka berubah. Sudah banyak buktinya. Tunggu saja.

-Catatan Perjalanan Hidup-

2 komentar:

  1. Kadang suka malu sendiri tiap dikasih lihat status atau foto yang dibuat 3,4,5 tahun lalu via Facebook, memang benar kak semuanya berubah seiring waktu, mungkin karena itu dalam islam kita dilarang terlalu membenci dan terlalu mencinta karena besok hari bisa jadi sebaliknya :)

    BalasHapus
  2. Betul sekali. Semua yang berlebihan itu memang tidaklah baik :-)

    BalasHapus

Read Also

  • Keluarga - Hidup itu akhirnya adalah tentang membuat prioritas dan memilih, Semakin tua usia kamu, semakin kamu makin tau apa yang benar-benar prioritas untukmu, unt...
    7 bulan yang lalu