Every journey always begins with one step, Semua perjalanan bermula dari satu langkah kaki ....

Sabtu, 02 Oktober 2021

Always Remember The WHY

Sering sebagai manusia, kita tidak termotivasi dengan apa yg sudah kita lalui. Ada kalanya kita menunda-nunda dan malas untuk melanjutkan apa yang sudah kita lalui. Semangatnya tidak setinggi saat dulu kita memulai. 

Saya yakin semua orang pernah mengalami itu. Ada yang akhirnya mundur, ada juga yang mengelola motivasi dan rasa malas itu dengan baik dan akhirnya menyelesaikan apa yang ia mulai. 

Ingat dulu saat ngerjain skripsi?. Saya pernah ada di-masa, 1 semester saya sama sekali tidak menyentuh laporan saya. Akhirnya terbengkalai. Dan ada saatnya saya kembali bersemangat untuk segera menyelesaikan study saya. Saya mengerjakan skripsi saya dengan sungguh-sungguh dan alhamdulilah tidak terlalu lama untuk menyelesaikannya, dari menulis hingga sidang akhir. 

Saat ini, saya ada di fase itu lagi. Saya memasuki semester akhir S2 saya, tinggal tesis. Terkadang santai dan menunda-nunda menulis tesis muncul juga. Saya kehilangan beberapa minggu karenanya. Sudah ada teman saya yg sudah mengumpulkan data, sedangkan saya baru mulai. 

Saya jadi ingat apa yang pernah saya katakan kepada orang yg pernah bertanya bagaimana menjaga konsistensi semangat. 

Saya bilang, gak ada motivasi yang levelnya stabil. Mungkin kayak iman juga, kadang tinggi kadang rendah. 

Yg terpenting dari semangat adalah ingat alasan saat kita memulai sesuatu. Remember the WHY. Ingat kenapa kamu memilih berkarir dibidang yang sekarang kamu geluti?. Ingat kenapa kamu ambil S2?. Saat kamu mengingatnya, maka kamu akan kembali sadar alasan kenapa kamu memulainya. 

Semoga saya juga dapat mengimplementasikan itu untuk diri saya. Semoga beberapa bulan kedepan ini, saya tetap konsisten bersemangat untuk menjalani apa yang telah saya pilih dan menyelesaikan apa yang telah saya mulai. 

Salam

-Catatan Perjalanan Hidup-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read Also

  • Keluarga - Hidup itu akhirnya adalah tentang membuat prioritas dan memilih, Semakin tua usia kamu, semakin kamu makin tau apa yang benar-benar prioritas untukmu, unt...
    8 bulan yang lalu