Every journey always begins with one step, Semua perjalanan bermula dari satu langkah kaki ....

Sabtu, 16 April 2011

Peradaban Besar : Pasti ada Masa-nya.


Bismillahirrohmanirohim....

Ya Allah ampunilah dosa hamba-MU yang sering kali alpha menyebut namaMU dan bersyukur kepadaMU. Seringkali manusia ini tidak menyadari bahwa sejatinya dibalik semua yang terjadi pada dirinya, ada peran besar MU atas semua itu wahai Sang Maha Penunjuk Jalan. Setelah matahari bersinar terik, KAU ganti dengan malam yang gelap dan dingin agar manusia beristirahat. Setelah hujan deras disertai kilat dan petir, KAU ganti dengan keindahan pepohonan hijau yang tumbuh karena rahmat hujan dariMU. Setiap perkara pasti diawali sebuah sebab dan akan berganti dengan perkara yang lain. Tiada asap kalau tiada api. Semua hal yang terjadi didunia ini bersumber dari sebuah sebab. Sebab yang ENGKAU rancang dengan sangat indah. ENGKAU mengatakan bahwa siapa yang berdoa kepadaMU dan berusaha agar 'peristiwa' yang diinginkan manusia terjadi maka ENGKAU akan memberikan jalan dan membuat 'peristiwa' itu terjadi. Peristiwa yang terjadi pada diri manusia tidak akan pernah lepas dari sebab yang dilakukannya di masa yang lalu. Baik atau buruk. Berdoa, berusaha, sabar, atau justru menyalahkan dan menentang Sang Maha Pengabul Doa. Atau mungkin peristiwa yang terjadi pada diri manusia adalah ujian yang diberikan Sang Maha Penguji Iman?IA ingin melihat sedalam mana rasa syukur manusia atas peristiwa yang manusia alami atau sejauh mana sabar yang manusia itu miliki. Subhanallah, ALLAH swt tidak akan pernah memejamkan mata, menutup telinga, dan memalingkan muka atas doa dan usaha yang dilakukan manusia di bumi ini. Doa dan usaha yang semata-mata hanya ditujukan kepada Sang Maha Kuasa. Berdoalah, berusahalah sampai titik yang tidak terlihat diujung penantianmu, karena Allah swt, pasti akan mendengarmu, membalas doamu, dan mengusap wajahmu yang dibasahi air mata itu dengan kehangatan kasih sayangNYA. Bersyukurlah, sambutlah usapan hangat kasih sayangNYA dengan senyuman penuh kehormatan. Tunduklah kepada Raja Manusia.

Peradaban hebat yang pernah tercatat di tinta sejarah manusia terus berputar, silih berganti menguasai dunia dan menjadi cermin kemajuan dunia. Dari buku dan catatan sejarah para leluhur manusia beribu-ribu tahun yang lalu menunjukan akan bukti itu. Peradaban manusia terus bergulir bak roda yang tak terbendung, berputar kadang diatas dan kadang dibawah. Sejarah mencatat bahwa ada beberapa peradaban besar yang pernah muncul di muka bumi. Mereka menguasai dunia dan manusianya. Maju dengan kesejahteraan rakyatnya, ilmu dan pengetahuannya, karya teknologinya, dan keindahan karya sastranya. Sejarah mencatat itu, bahkan peninggalan mereka masih ada sampai di era teknologi seperti sekarang ini. Berilah contoh peradaban Yunani, Romawi, Mesir, Persia dan Islam. Kelima peradaban itu pernah menguasai dunia di masanya. Belum ada dari kelima peradaban itu yang untuk ke-2 kalinya menguasai dunia. Kelima peradaban itu bertahan cukup lama dan menanamkan nilai - nilai kepada manusia di seantero dunia. Namun, pada ujung titik peradaban itu, mereka digantikan dengan peradaban lain. Dan sekarang ini, saat saya menulis tulisan ini, peradaban apakah yang menguasai dunia?ya, Anda sudah tahu jawabannya. Sebuah peradaban hebat pasti ada masanya, muncul dan tenggelam. Bersabarlah dan teruslah berjuang untuk kejayaan peradaban yang engkau yakini. Salah satu kunci menjadi peradaban besar yang kemudian menggantikan peradaban yang lain adalah belajar dari peradaban yang sudah maju. Begitulah bukti sejarah menunjukan kepada manusia setelahnya.

Belajar dari peradaban yang lebih maju dan kemudian mengambil manfaatnya.

Saat aku melihat video ceramah seorang professor di salah satu website universitas Rusia tentang intercultural study, aku memahami satu hal bahwa setiap budaya yang ada di masyarakat timbul tidak hanya dari kata/komunikasi, melainkan dari 'gambar' yang didapat karena melihat orang lain. Aku sering bertanya-tanya, bagaimanakah proses terbentuknya budaya atau kebiasaan manusia di sebuah daerah dapat terjadi. Kenapa di salah satu daerah tertentu, masyarakatnya mempunyai karakter yang berbeda dari masyarakat di daerah lain. Ada yang disiplin dengan peraturan yang telah dibuat, ada juga yang menganggap peraturan dibuat untuk dilanggar. Ada didaerah tertentu yang sangat menghargai waktu namun ada juga didaerah lain yang menganggap waktu tidak akan pernah berakhir. Ada di daerah tertentu yang sangat menghargai individualisme dan privasi, namun ada juga didaerah lain yang menginginkan adanya kebersamaan satu sama lain. Apa yang menyebabkan semua itu terjadi.

Budaya terbentuk karena kebiasaan masyarakatnya. Contoh yang diperoleh dari pendahulunya yang dijadikan landasan dalam melakukan kebiasaannya itu. Kebiasaan pun dapat berubah seiring berjalannya waktu karena setiap saat pasti ada perubahan generasi. Perubahan budaya ataupun kebiasaan didalam masyarakat yang terjadi dapat mengarah kepada perubahan menuju budaya yang 'baik' ataupun budaya yang lebih 'buruk'. Seperti bahasa sehari - hari dalam masyarakat dari tahun ke tahun mengalami perubahan meskipun sudah ada pelajaran bahasa di setiap sekolah. Bahasa semakin berubah dari generasi ke generasi, berkembang, semakin banyak kosakata baru yang digunakan. Manusia berperilaku seperti pendahulu, mereka mencontoh orang tua dan masyarakat disekelilingnya. Contoh tersebut diantaranya adalah berupa bahasa, cara berkomunikasi, bahasa tubuh, nilai yang diyakini, dan lain sebagainya. Seringkali bahasa atau kata-kata tidak cukup kuat untuk membentuk sebuah budaya. Karena manusia akan mencontoh perilaku dan kebiasaan yang ia lihat sehari - hari didalam masyarakatnya.

Membentuk sebuah kebudayaan yang baru, yang lebih baik harus diawali dari generasi baru yang sadar akan pentingnya perubahan menuju budaya yang lebih baik. Tauladan dan contoh kepada orang lain atau masyarakat jauh akan lebih kuat pengaruhnya melalui perbuatan. Contoh konkret dan real di dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya teori yang dipelajari di sekolah namun tidak dilaksanakan. Proses pembentukan karakter manusia yang ingin diubah menuju pemahaman budaya yang lebih baik adalah melalui teladan orang tua dan keluarga. Usaha yang keras dari sebuah keluarga untuk menanamkan nilai budaya yang baik kepada anak akan mengalami kegagalan jika lingkungan masyaralat di sekitar anak itu memberikan contoh yang bertolak belakang. Misal, di keluarganya, orang tuanya selalu memberikan contoh untuk mengatakan "terimakasih" kepada siapapun yang telah membantunya. Namun, sering ia berinteraksi dengan orang lain, hal itu tidak dilakukan karena orang lain selain didalam keluarganya tidak mengatakan kata itu. Masyarakat pun mempunyai peranan yang sangat besar dalam membentuk karakter dan budaya seseorang manusia. Masyarakat yang brutal dan pemarah akan menghasilkan bayi atau generasi muda yang brutal dan pemarah. Masyarakat mempunyai posisi yang sangat penting dalam membentuk generasi baru.

Membentuk peradaban besar diawali dari sebuah kesadaran akan pentingnya perubahan ke arah kemajuan, kemudian mengimplementasikan dikehidupan sehari-hari. Ujungnya menjadi kebiasaan yang membudaya. Kemudian kebiasaan itu dicontoh oleh generasi baru yang dilahirkan. Mungkin proses itu tidak mudah, merubah nilai (value) didalam masyarakt mungkin akan sulit, dan barangkali prosesnya akan sangat lama. Tidak bisa jika hanya satu orang. Budaya dan nilai yang baik dipertahankan, sedangkan yang buruk perlahan dibuang dan digantikan.

Teriring munajat doaku setiap hari. Musim semi yang indah :




Wallohualam,

Blacksburg, VA
Keentwood Dr, 1105, 24060

Panca DP





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read Also

  • Keluarga - Hidup itu akhirnya adalah tentang membuat prioritas dan memilih, Semakin tua usia kamu, semakin kamu makin tau apa yang benar-benar prioritas untukmu, unt...
    7 bulan yang lalu