Every journey always begins with one step, Semua perjalanan bermula dari satu langkah kaki ....

Sabtu, 17 Desember 2011

Kepemimpinan Efektif dalam Lembaga Mahasiswa


Oleh:
Panca Dias Purnomo*)
Leadership Training (LT) HMJ Teknik Lingkungan
Sabtu, 09 Juli 2011
-
*)Komisi Ahli BEM KM UNDIP 2011
Knowledge, is Power
–Francis Bacon (1561 – 1626)
The educated differ from the uneducated as much as the living from the dead
–Aristotle (384 SM – 322 SM)

Jumlah mahasiswa pada tahun 2004 tercatat sebanyak 2.444.528 orang atau hanya 1 persen dari total populasi masyarakat Indonesia waktu itu. Jumlah PTN adalah sebanyak 91 buah dan PTS sebanyak 1.293 buah[1]. Fakta ini memberikan penjelasan kepada kita bahwa: 1) tenaga kerja Indonesia didominasi oleh tenaga kerja tidak terdidik atau berpendidikan dan berketrampilan rendah. 2) Mahasiswa sebagai kaum penggerak dan tulang punggung perubahan bangsa ini ternyata jumlahnya masih sangat sedikit.  3)Jumlah PTS masih jauh lebih banyak dibandingkan dengan PTN yang mengindikasikan bahwa biaya pendidikan di perguruan tinggi adalah mahal. Pendidikan adalah akses utama menuju bangsa yang berilmu pengetahuan, tercerahkan, dan terampil sehingga mampu membentuk kulitas sumber daya manusia yang handal. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menguasai ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan hanya bisa diperoleh melalui pendidikan. Mahasiswa sebagai tulang punggung perubahan bangsa justru jumlahnya masih sangat sedikit. Kita adalah orang yang sangat beruntung hari ini karena status kita sebagai mahasiswa. Oleh karenanya, kita jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan dan anugerah ini hanya untuk kepentingan diri sendiri. Kita sekarang sedang menuntut ilmu, betapa tinggi derajat orang yang berilmu, namun ilmu yang kita peroleh harus berdaya guna bagi orang lain. Kita mempunyai tanggung jawab untuk menggunakan ilmu yang kita pelajari dan capai di perguruan tinggi untuk anak cucu kita, kemajuan bangsa dan negara Indonesia. Seharusnyalah kita selalu belajar menjadi pribadi-pribadi yang unggul sehingga suatu saat nanti setelah kita selesai dari fase pendidikan ini, kita mampu menjadi escalator utama kemajua bangsa. Masa depan bangsa ada ditangan kita. Belajar menjadi pemimpin yang efektif dan baik dimulai dari saat kita menjadi mahasiswa karena kita lah yang nantinya yang akan menjadi penerus kepemimpinan bangsa ini.


Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan efektif?
Banyak sekali buku maupun teori yang menjelaskan tentang arti kepemimpinan. Para pembaca silakan dapat mempelajari mengenai arti kepemimpinan lebih dalam melalui buku-buku tersebut. Secara umum, kepemimpinan (leadership) adalah karakter, sifat, atau kemampuan yang mampu mempengaruhi orang lain didalam sebuah tim untuk melakukan sesuatu sesuai dengan tujuan tertentu. Kepemimpinan adalah karakter atau sifat, dimana sifat atau karakter adalah bagian dari Emotional Quotient (EQ) yang bersifat akumulatif. Artinya, kemampuan ini dapat bertambah seiring berjalannya waktu asalkan orang tersebut mau untuk mempelajari dan meningkatkannya. Kepemimpinan efektif artinya adalah kemampuan memimpin yang tepat sasaran sesuai dengan tugas atau fungsi seorang pemimpin yang seharusnya. Kepemimpinan efektif adalah kemampuan memimpin yang memang sesuai dengan tujuan dari kepemimpinan itu sendiri.

“Pemimpin itu ibarat angin, kita bisa merasakannya tapi tidak bisa melihatnya. Kita akan mati karena tidak bisa bernafas saat ia tidak ada” (Benny Firman Prakoso, Mentri PSDM BEM KM UNDIP 2011).

Mengapa kepemimpinan dan pemimpin itu penting?
Kata kepemimpinan pasti sering sekali kita dengar. Bahkan materi kepemimpinan selalu masuk dalam kurikulum pengembangan kader lembaga mahasiswa. Mengapa kepemimpinan begitu penting artinya dalam sebuah organisasi?tidak terkecuali organisasi mahasiswa?Pepatah arab mengatakan “Sepasukan domba yang dipimpin oleh seekor singa akan mengalahkan pasukan singa yang dipimpin seekor domba”. Pepatah kuno ini menjelaskan kepada kita bahwa seorang pemimpin dalam sebuah kelompok atau organisasi mempunyai peran yang sangat vital dalam menentukan kemenangan kelompok atau organisasi yang ia pimpin. Pemimpin adalah garda terdepan dalam menentukan arah gerak, strategi, dan juga realisasi dari rencana yang dibuat. Keberhasilan sebuah organisasi, kelompok, bahkan negara, pasti tidak akan terlepas dari kehebatan pepimpinnya. Sedangkan kehancuran sebuah organisasi, kelompok, atau bahkan negara pasti juga karena kebobrokan dan jeleknya pemimpinnya. Dibalik bangsa dan peradaban yang besar pasti ada seorang pemimpin yang hebat. Dalam sebuah kelompok, seorang pemimpin mutlak dibutuhkan karena tanpa satu orang pemimpin, kelompok tersebut akan bergerak tanpa arah yang jelas. Leadership is doing the right thing. Pepimpin mengarahkan kelompoknya untuk melakukan sesuatu yang benar. Sedangkan management is doing the thing right. Manajemen adalah jalan untuk melakukan sesuatu dengan benar. Sehingga, pengetahuan dan kemampuan manajemen organisasi dan kepemimpinan wajib dimiliki oleh setiap pengurus dalam organisasi. Dua hal tersebut tidak dapat dipisahkan dan harus dikuasai oleh semua anggota organisasi, terutama organisasi mahasiswa, agar roda organisasi dapat berjalan dengan baik dan kondusif.

Selain itu, sabda Rasullulah SAW “Tiap-tiap kamu adalah pemimpin dan setiap kamu dimintai pertanggung jawaban tentang apa yang dipimpinnya”, sabda Rasullullah ini semakin meyakinkan kita bahwa setiap kita sejatinya adalah pemimpin. Hadis ini menegaskan kembali bahwa kepemimpinan itu sangat penting. Karenanya menjadi tanggung jawab kita semua, bahwa kita harus belajar menjadi pemimpin yang baik karena kita nantinya akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinan kita.

Pemimpin adalah visi, pemimpin adalah tujuan, pemimpin adalah teladan, pemimpin adalah motivator, pemimpin adalah inspirasi, pemimpin adalah komitmen yang membuat orang lain terus bergerak mencapai tujuan bersama sesuai yang diinginkan. Belajar menjadi pemimpin yang efektif dapat dilakukan dengan mencontoh kepemimpinan seorang tokoh pemimpin hebat yang pernah ada di dunia ini. Banyak sekali tokoh-tokoh hebat yang mampu mengubah suatu kelompok atau negara menjadi kelompok atau negara terhebat yang sepanjang sejarah bumi. Pemimpin terhebat sepanjang sejarah umat manusia adalah Muhammad SAW menurut Michael H. Hart[2]. Kita dapat meneladani dan mencontoh kepemimpinan beliau dari berbagai buku biografinya.

Effective Leadership
Diatas adalah gambar beberapa karakter seorang pemimpin efektif berdasarkan berbagai sumber. Banyak sekali karakter atau sifat yang harus dikuasai oleh seorang pemimpin agar menjadi pemimpin yang efektif. Secara detail dan luasnya, silakan pembaca bisa mencari berbagai referensi mengenai karakter seorang pemimpin efektif dari banyak sumber. Berdasarkan pengalaman penulis dan dari hasil studi referensi, penulis paparkan beberapa diantaranya yang menurut penulis sangat penting khsususnya bagi pemimpin lembaga mahasiswa, antara lain adalah:

¨   Competent
Pemimpin yang efektif adalah ia yang mempunyai kemampuan atau kehalian untuk menjadi pemimpin yang efektif. Seorang yang ingin menjadi pemimpin efektif harus belajar menguasai berbagai kemampuan agar bisa disebut pemimpin efektif.
¨   Vision
Pemimpin efektif harus lah mempunyai visi yang jelas dan kuat. Kekuatan visi akan membawa sebuah kekuatan sebagai sumber penggerak tim atau organisasi dalam mencapai tujuan bersama. Visi adalah tujuan akhir.
¨   Communication
Kemampuan berkomunikasi mutlak dibutuhkan oleh seorang pemimpin. Bahasa komunikasi seorang pemimpin efektif tidak hanya dalam bahasa formal dan resmi melainkan juga harus menguasai bahasa pergaulan yang akrab. Komunikasi peranannya sangat besar didalam kesuksesan organisasi karena akan mempengaruhi hubungan antar individu dan bidang.
¨   Respect and Empathy
Memimpin dengan cinta dan hati. Seorang pemimpin harus selalu menghargai kerja orang lain dan memberikan perhatian yang tulus kepad angggotanya. Pada dasarnya setiap orang ingin dihargai dan dihormati.
¨   Commitment
Komitmen adalah keinginan kuat terhadap tujuan dan rencana yang telah dibuat apapun kondisinya. Komitmen bersifat emosional yang mengikat antara individu dengan kelompok. Seorang pemimpin efektif harus selalu mempunyai komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab yang diembannya.
¨   Empowerment
Pemimpin dikatakan sukses jika mampu menciptakan pemimpin lain yang lebih hebat dari dirinya. Pemimpin efektif adalah ia yang suka membangun kapabilitas bawahan sehingga kualitas tim menjadi lebih baik.
¨   Be the Model
Kepemimpinan adalah keteladanan. Kekuatan teladan dari pemimpin sangat besar pengaruhnya terhadap perilaku individu dalam organisasi.  Seorang pemimpin harus menunjukan contoh yang sesuai dengan apa yang mereka visikan dan ucapkan.


Leadership is possessed by a majority but used by a minority[3]. Kepemimpinan adalah bakat atau kemampuan yang dimiliki oleh semua orang. Pemimpin bukan anugerah bawaan lahir, tapi ia dibentuk oleh diri sendiri dan lingkungan. Namun, yang mampu benar-benar menjadi pemimpin handal dan efektif hanya sebagian kecil saja. Itulah mengapa diagram sebuah level kepemimpinan pasti bentuknya adalah piramida, dimana gambar tersebut diatas menunjukan bahwa pemimpin yang mampu sampai diatas level tertinggi jumlahnya paling sedikit dibandingkan level kepemimpinan yang lain. Hal ini mengindikasikan bahwa, level tertinggi kepemimpinan hanya akan diperoleh oleh mereka yang mau belajar untuk terus meningkatkan kapasitas dirinya hingga layak menjadi berada di level tertinggi kepemimpinan. Demikian pula di dalam sebuah organisasi mahasiswa, setiap tahun pasti banyak yang mendaftarkan diri menjadi pengurus baru organisasi mahasiswa. Tapi, bisa dihitung nantinya yang akan menjadi para pemimpin di level tertinggi organisasi tersebut (ketua, tim ahli, dan kepala departemen). Mereka yang bisa sampai di level tertinggi ini, pasti adalah orang-orang yang dianggap memiliki kemampuan atau kapabilitas untuk memegang tanggung jawab sebagai pimpinan tertinggi lembaga mahasiswa.  

Semua orang berpotensi menjadi pemimpin level tertinggi karena “Effective leadership CAN be learnt and leadership potential CAN be developed in every individual”. Namun kepemimpinan di level tertinggi hanya akan dipunyai oleh beberapa orang saja yang mempunyai keinginan, semangat, dan dorongan untuk terus belajar menumbuhkan skill kepemimpinan mereka.

Seorang pemimpin yang baik adalah mereka yang:
¨   Knows the way. Pemimpin yang baik dan efektif adalah mereka yang mempunyai visi jelas dan kuat atas organisasi dan manusia yang dipimpinnya.
¨   Shows the way. Pemimpin yang baik dan efektif adalah mereka yang mampu merealisasikan rencana atau visi yang telah dibuat menjadi aksi nyata melalui kekuatan komunikasi ekfektif.
¨   Goes the way. Pemimpin yang baik dan efektif adalah mereka yang memberikan teladan atau contoh kepada bawahan atas apa yang telah direncanakan dan diucapkan.

Kesuksesan kita sebagai seorang pemimpin diawali oleh kesuksesan kita sebagai pribadi. Kepemimpinan dimulai dari kekuatan didalam individu kemudian akan menyebar keluar kepada orang lain, kelompok, dan organisasi yang lebih besar. Seperti gelombang air yang terbentuk akibat jatuhnya suatu benda kedalam badan air. Gelombang air membentuk lingkaran yang semakin besar dan besar. Begitu pula pengaruh pemimpin, dari individu, kelompok terkecil, kemudian membesar dan besar. Kepemimpinan yang sebenarnya bersumber dari personal power bukan position power.

Mengembangkan Leadership Skill
Kepemimpinan sering dideskripsikan sebagai perilaku dan kemampuan yang dapat dilatih dan ditingkatkan, seperti banyaknya kemampuan (skill) yang lainnya. Berikut beberapa point yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan Anda:

¨   Learn To be confident…
Selalu belajar lah percaya kemampuan Anda, karena setiap Anda mempunyai kemampuan untuk memimpin orang lain. Selalu percaya diri akan membantu Anda meningkatkan kepercayaan orang lain akan kompetensi dan kemampuan yang Anda miliki. Meningkatnya kepercayaan orang lain terhadap kompetensi Anda akan membuat Anda semakin dipercaya untuk memimpin tim.
¨   Learn To Lead By Example…
Seorang pemimpin sebenarnya adalah ia yang melakukan apa yang dia bicarakan dan rencanakan. Memberikan contoh dan teladan akan membuat orang lain tergerak untuk melakukan seperti yang Anda lakukan. Mulai konsistenlah dengan apa yang Anda bicarakan dengan apa yang Anda kerjakan.
¨   Learn To Be Goal-Orientated…
Seorang pemimpin yang baik adalah ia yang fokus pada solusi dibandingkan pada masalah atau pun cuma sebatas argumentasi. Mereka secara abyektif berorientasi pada tujuan akhir dan berusaha menyelesaikan hal-hal penting terlebih dahulu.
¨   Learn To take responsibility…
Pemimpin yang baik tidak hanya sekedar pandai menyalahkan dan menunjuk seseorang untuk menyelesaikan sesuatu, tapi ia juga dengan berani akan mengajukan diri untuk menyelesaikan sesuatu. Begitu juga jika terjadi masalah, ia akan maju pertama kali menanggung konsekuensi.
¨   Learn To Share Glory With The Team…
Pemimpin yang baik adalah mereka yang berorientasi pada team dan bukan individu. Saat team meraih keberhasilan, ia tidak mengklaim keberhasilan itu karena dirinya, tapi lebih kepada kontribusi semua orang dalam tim tersebut. Pemimpin yang seperti akan mendapatkan kepatuhan dan penghargaan dari bawahannya.
¨   Learn To Create And Share Passion…
Salah satu kemampaun seorang pemimpin adalah mampu memotivasi, menginspirasi, dan meningkatkan antusias anggota tim dengan mentransfer semangat dan antusiasmenya sendiri kepada orang lain didalam tim. Pemimpin adalah orang yang penuh dengan semangat dan motivasi.
¨   Learn To Develop People…
Satu dari karakter pemimpin yang baik adalah mereka yang bisa meningkatkan dan mengembangkan kapabilitas orang lain melalui pelatihan, pendampingan, dan pengajaran, Pemimpin yang baik mampu membangun orang lain untuk menciptakan tim yang lebih kuat di generasi yang selanjutnya. Mereka mampu mengetahui kekuatan dan kelemahan orang lain dan paham betul tentang dinamika organisasi. Kemudian menggunakan kemampuan komunikasinya untuk mengasah kapabilitas anggota timnya.
¨   Learn To Master The Art of Communication…
Pemimpin besar adalah komunikator handal. Mereka paham bahwa komunikasi tidak hanya satu arah, melainkan dua arah yaitu tidak hanya mampu mengartikulasikan ide, visi, dan strategi secara jelas dan mempengaruhi anggota tetapi mereka juga mampu mendengarkan dengan penuh perhatian, empathy, dan open minded.
¨   Learn To Be Assertive And Courageous…
Seorang pemimpin harus berani mengambil resiko atau pun berani mengambil aksi yang berbeda dengan kebudayaan organisasi sebelumnya demi perbaikan dan kemajuan organisasi. Pemimpin harus berani memikirkan terbosan-terobosan baru dan tidak takut menghadapi tantangan dan hambatan dalam mencapai tujuan.

“Ibarat sebuah gelas, semakin besar ukuran gelas akan semakin besar jumlah air yang bisa ia tampung dan berikan. Semakin besar dan banyak ilmu seseorang, semakin besar kontribusi dan kemanfaatannya bagi sesama”



[1]Hidayat Nur Wahid. 2004. Mengelola Masa Transisi Menuju Masyarakat Madani. Fikri Publishing, Jakarta

[2]Michael H. Hart. 2002. 100 Tokoh: yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah. PT Dunia Pustaka Jaya. Jakarta

[3] Warren Bennis and Burt Nanus. 2003. Leaders: Strategies For Taking Charge

Download file .pdf-nya disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read Also

  • Keluarga - Hidup itu akhirnya adalah tentang membuat prioritas dan memilih, Semakin tua usia kamu, semakin kamu makin tau apa yang benar-benar prioritas untukmu, unt...
    7 bulan yang lalu