Every journey always begins with one step, Semua perjalanan bermula dari satu langkah kaki ....

Rabu, 25 April 2012

Keep Moving; Perbanyaklah Aktivitasmu

Berkumpul atau bertemu dengan orang lain apalagi jika jumlah orangnya banyak bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan semangat kita. Jika semangatmu sedang menurun, tidak ada salahnya mencoba tips yang satu ini, yaitu berkumpulah dengan orang lain. Terutama orang-orang terdekat kamu atau orang-orang yang kamu anggap mempunyai semangat yang berlebih. Percaya atau tidak, sebuah riset yang pernah ditulis seorang ilmuwan AS mengungkapkan jika hidup seorang manusia sangat dipengaruhi oleh hidup orang lain disekitarnya. Secara tidak langsung maupun langsung, emosi dan mood kita dipengaruhi oleh kondisi emosi dan mood teman-teman atau orang-orang disekitar kita. 

Contohnya, misalnya saat kita melihat teman-teman kita bersemangat dalam mengerjakan skripsi, maka kita pun akan menjadi bersemangat dalam mengerjakan skripsi. Ada transfer semangat dari sekeliling kita kedalam diri kita sehingga membuat akumulasi semangat yang terus bertambah-tambah. Itulah manfaat dari berkumpul dengan teman-teman dan banyak orang. Jika kamu terlalu banyak sendiri, maka kamu juga akan mudah menurun semangatnya. Semakin banyak 0rang disekitarmu akan semakin mempermudah dirimu meningkatkan semangatmu. Semakin sedikit orang disekitarnya, kamu akan mudah putus asa dan terjatuh. Karena itu, teman yang banyak, networking, dan seringnya berkumpul dan berbagi cerita kepada orang-orang disekitar kita akan membuat hidup kita selalu bersemangat. 


Kegunaan mengikuti organisasi, yang memungkinkan kita bertemu dan bersosialisasi dengan banyak orang, salah satunya adalah sebagai penyemangat hidup. Bersosialisasi dengan banyak orang melalui lembaga atau organisasi akan membuat hidup kita selalu bergerak. Air tergenang dan diam hanya akan menjadi sumber penyakit. Air yang terus bergerak adalah mengandung oksigen lebih banyak dan menyegarkan. Hidup yang terus bergerak akan merangsang kreativitas dan meningkatkan wawasan. Sedangkan hidup yang banyak diam dan menunggu hanya akan membuat hidup kita membusuk secara perlahan. Banyak aktivitas atau banyak kegiatan justru lebih bagus dalam menjaga semangat dan kesehatan hidup kita dibandingkan dengan hidup yang banyak diam dan hanya melakukan hal yang itu-itu saja. Karena itu, mengapa menjadi pengangguran itu sangat tidak menyenangkan. 

Banyak aktivitas, banyak kegiatan, akan memperbesar peluang kita bertemu dan bersosialisasi dengan orang banyak. Tidak hanya banyak jumlahnya tapi juga banyak tipe karakternya. Dari situ kita akan banyak menemukan ilmu dan wawasan baru serta sebagai sarana pembelajaran hidup yang efektif. 

Teruslah bergerak, jangan berhenti. Carilah hal-hal baru, jangan bosan. 

Keep moving, teruslah bergerak dengan melakukan berbagai hal. Terus bergerak mencari sumber inspirasi baru. Terus bergerak mencari teman-teman baru. Jangan hanya diam dan menunggu kesempatan itu datang, karena jika kamu seperti itu, maka selamanya kamu hanya akan menjadi penunggu kesempatan yang tiada akan tahu kapan datangnya. Selama menunggu itu kamu hanya diam dan akhirnya membusuk perlahan-lahan. Jangan sampai mau dikalahkan oleh kesendirian, karena kesendirian adalah pembunuh paling berbahaya dan kesengsaraan paling menyakitkan dalam hidup. Jangan pernah mau menjadi sendiri. Bersosialisasilah, carilah teman dan sebanyaknya orang agar hilang kesendirianmu. Domba yang sendiri akan lebih mudah dimangsa oleh serigala. Manusia yang sendiri, tidak berkumpul dengan orang lain, akan lebih mudah hancur dan terjerembab dalam jurang kenistaan. 

Iman manusia akan lebih mudah dirobohkan oleh setan jika ia sendiri. Saat bersama dengan orang lain, akan ada orang yang mengingatkan dan menguatkan iman kita. Tiada manfaat lain yang sebesar saat kita berkumpul dengan banyak orang dan mempunyai banyak teman. 

Terus bergerak atau kau akan mati membusuk dalam kesepian!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read Also

  • Keluarga - Hidup itu akhirnya adalah tentang membuat prioritas dan memilih, Semakin tua usia kamu, semakin kamu makin tau apa yang benar-benar prioritas untukmu, unt...
    7 bulan yang lalu