Every journey always begins with one step, Semua perjalanan bermula dari satu langkah kaki ....

Selasa, 31 Mei 2011

IESLP, Beasiswa Kuliah Gratis di Amerika Serikat

Belajar di Amerika dan tinggal disana???mungkin hal ini adalah impian mayoritas mahasiswa di seluruh Indonesia. Gratis pula, siapa si yang gak mau?Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan mengejar beasiswa IELSP. Beasiswa IELSP atau kependekan dari Indonesian English Language Study Program adalah beasiswa yang sepertinya sangat populer dan terkenal di kalangan mahasiswa S1 di Indonesia. Bagaimana tidak, beasiswa ini benar-benar memberikan segala fasilitas yang sangat mencukupi bahkan berlebih kepada mahasiswa yang berhasil mendapatkan beasiswa ini. Semuanya fasilitas dan akomodasi gratis. Sehingga, tidak mengherankan ribuan mahasiswa setiap tahunnya saling"berebut" untuk mendapatkan beasiswa ini. Saya akan mencoba menceritakan tentang seluk beluk beasiswa ini. So, chek it out guys.

Apa si beasiswa IELSP?
Beasiswa (Indonesia English Language Study Program) adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa undergraduate di seluruh Indonesia untuk belajar bahasa Inggris secara intensif di universitas-universitas ternama di Amerika Serikat selama kurang lebih 8 minggu. Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris pesertanya, karena nantinya peserta akan mengikuti kelas bahasa Inggris selama berada di Amerika. Selain belajar bahasa Inggris peserta juga akan semakin mengenal kebudayaan masyarakat Amerika, karena peserta akan hidup dan tinggal di lingkungan orang Amerika dalam waktu cukup lama. Beasiswa ini disponsori oleh US Department of State dan dikelola oleh IIE (Institute of International Education) yang berpusat di New York City, sedangkan di Indonesia di kelola atau di-organize oleh IIEF (The Indonesian International Education Foundation) di Jakarta, sebuah lembaga yang membantu penyaluran beasiswa internasional kepada masyarakat Indonesia.

Siapa saja yang bisa mendaftar beasiswa ini?
Beasiswa IELSP hanya diberikan kepada mahasiswa S1 (undergraduate) Indonesia yang masih menempuh studinya di perguruan tinggi minimal di tahun ketiganya (atau minimal semester 5). Beasiswa ini tidak mensyratakan background jurusan, jadi semua jurusan bisa mendaftar dan bisa diterima dalam program ini. Selain itu, pelamar wajib memiliki score TOEFL ITP minimal 450. Adapun persyaratan pelamar program ini yang saya ambil dari website IIEF, secara rinci adalah sebagai berikut:

>>Peserta harus berumur 19 – 24 tahun
>>Aktif sebagai mahasiswa S1 minimal tahun ketiga (semester 5 ke atas) di perguruan tinggi mana pun di seluruh Indonesia dan belum dinyatakan lulus atau sedang menempuh sidang kelulusan.
>>Peserta harus berkemampuan Bahasa Inggris yang baik dengan nilai TOEFL® International atau TOEFL® ITP minimal 450 (bukan Prediction Test)
>>Yang bersangkutan juga harus memiliki prestasi akademik yang baik
>>Aktif dalam berbagai kegiatan atau organisasi
>>Memiliki komitmen penuh untuk segera kembali ke tanah air segera setelah program ini selesai
>>Tidak memiliki pengalaman belajar di Amerika Serikat atau negara lain selain Indonesia
>>Memiliki sifat-sifat: aktif, mandiri, bertanggung jawab, percaya diri dan berpikiran luas serta menguasai komputer

Beberapa point diatas adalah syarat diterimanya seorang mahasiswa di program tersebut. Semakin lengkap kompetensi seorang mahasiswa yang mendaftar program ini, maka semakin besar peluang mahasiswa tersebut untuk diterima. Semuan syarat dokumen yang harus diminta dapat dilihat di wesite IIEF.

Proses seleksi
Seperti program beasiswa lain pada umumnya, proses seleksi calon peserta program secara garis besar dapat saya sederhanakan menjadi 2 tahap, adalah 1)tahap seleksi berkas (formulir) dan 2) interview. Semua persyaratan yang diminta di formulir pendaftaran harus dilengkapi, jangan sampai ada yang tercecerah atau bahkan terlupa. Semuan bentuk dokument yang diminta harus disertakan bersamaan dengan formulir pendaftaran yang sudah diiisi dengan lengkap. Kelengkapan berkas pendaftaran adalah kunci pertama bagai pelamar agar lolos tahap interview. Jangan lupa sertakan semua sertifikat kegiatan atau penghargaan, yang pernah kamu ikuti. Jika berkas lamaran kamu diterima, menurut pengalaman saya, setelah 2 minggu deadline pengiriman berkas, kamu akan diteflon oleh IIEF Jakarta yang menginformasikan bahwa kamu masuk tahap interview. Biasanya interview akan dilaksanakan satu minggu setelah kamu ditelfon. Nah, ditahap interview ini, pelamar di bagi berdasarkan regional dimana universitas mereka berada. Pengalaman saya, interview untuk pelamar dari daerah Semarang dan sekitarnya dilaksanakan di Universitas Katolik Sugijapranata, dengan peserta interview dari universitas di Semarang dan sekitarnya, seperti UNDIP, UNNES, UNISSULA, IAIN Walisongo Semarang, STAIN Salatiga, UKSW, dan Universitas Pancasila Tegal. Jumlah mahasiswa di regional Semarang yang lolos interview cohort 8 akhir tahun 2010 yang lalu, kurang lebih ada 63 orang. Yang diterima di cohort 8 dari regional Semarang kalau tidak salah ada7 orang, UNDIP 1 orang, STAIN Salatiga 3 orang, dan IAIN Walisongo 1 orang, UP Tegal 2 orang. Tentu saja interview menggunakan bahasa Inggris. Beberapa hal yang sering ditanyakan saat interview:

>> Latar belakang keluarga
>> Aktifitas dikampus (organisasi, wirausaha, dll)
>> Prestasi
>> Pendapat mengenai permasalahan Indonesia dan kontribusi apa yang telah dilakukan
>> dan beberapa pertanyaan lain seputar dirimu yang tercantum di application form

Interview umunya paling hanya 10-15 menit dan sebenarnya interview ini bertujuan untuk mengenal lebih dekat karakteristik pelamar serta untuk mengkonfirmasi data/informasi yang ada diberkas pendaftaran. Jangan khawatir dengan interview, karena pertanyaan yang ditanyakan tidak akan melebar kemana-mana jika kamu jujur mengisi application form kamu.

Jumlah peserta yang diterima dari seluruh Indonesia setiap tahunnya (sepertinya) berbeda-beda. Di cohort 8, ada 72 orang yang diterima dari seluruh Indonesia, dan ditempatkan di 4 universitas berbeda di Amerika. Jadi masing-masing universitas ada kurang lebih 18 orang peserta. Peserta yang diterima dalam program ini, menurut pengamaan saya, adalah mahasiswa yang mempunyai keunikan dan keunggulan sendiri-sendiri. Ada yang aktifis kampus, wirausahawan, akadamisi, dan beprestasi di bidang tulis menulis.

Waktu pendaftaran

Setahu saya, beasiswa IELSP dibuka dua kali selama satu tahun. Deadline pengumpulan berkas biasanya di bulan Januari dan Oktober. Pelamar di bulan Januari akan berangkat ke Amerika sekitar bulan Mei-Juni, sedangkan pelamar yang diterima di bulan Oktober akan berangkat ke US bulan April-Maret.

Aktifitas apa saja yang dilakukan selama di USA
Kegiatan utama peserta beasiswa ini setelah tiba di universitas masing-masing di US adalah mengikuti kuliah bahasa inggris di lembaga bahasa dan kebudayaan yang dimiliki univeritas setempat. Dari hari senin s.d. jumat peserta diwajibkan untuk mengikuti kelas bahasa Inggris yang meliputi grammar, speaking, listening, reading, writing, dan elective class. Seperti kursus bahasa inggris di Indonesia, materi-materi yang disampaikan pun hampir sama. Didalam kelas, peserta akan bergabung dengan mahasiswa dari seluruh dunia yang sedang dan akan melanjutkan pendidikan ke universitas di US. Lembaga bahasa tersebut bertugas untuk membantu mahasiswa internasional untuk mendalami bahasa inggris hingga calon mahasiswa mencapai syarat TOEFL minimu (550). Selesai kuliah, umumnya jam 01 pm, penerima beasiswa IELSP bisa jalan-jalan kemanapun mereka mau asalkan masih di kota yang mereka tinggali. Setibanya di US, di hari pertama, peserta akan diberi tahu hak dan kewajibannya, peraturan-peraturan tinggal di US, membuat account bank, asuransi kesehatan, dan semuanya. Tidak usah khawatir dengan uang dan akomodasi, karena semuanya sudah di-cover oleh penyandang dana. Kita hanya cukup membawa keperluan pribadi saja, dan jangan worry tentang uang. Hehe.

Selain kuliah, diakhir pekan, biasanya pihak universitas akan telah membuat jadwal kegiatan buat penerima beasiswa. Banyak kegiatan yang dilakukan setiap akhir pekan, jalan-jalan, mengunjungi tempat wisata, museum, bermain olahraga, menonton pertandingan oralahraga, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengeksplor banyak hal yang ingin kamu tahu. Ada program budaya selama program ini berlangsung, seperti tampil diacara pentas budaya internasional, atau kamu bisa membuat sendiri festival khusus kebudayaan Indonesia. Kamu bisa membawa barang atau pakaian daerah khas Indonesia untuk dipamerkan dan dipertontonkan disana. Pokoknya, seru abis. Kamu juga bisa pergi dan bermain dengan teman amerika yang kamu kenal, atau pergi ke suatu tempat dengan keluarga amerika kamu. Atau kamu juga bisa berkunjung ke rumah orang Indonesia yang tinggal disana. Banyak pengalaman yang akan kamu dapatkan dengan mengikuti beasisawa ini. Kamu juga bisa berkunjung dan bahkan mengikuti seminar atau kelas yang sesuai dengan jurusan dan minat kamu di univeritas tempat kamu belajar. Contohnya saya, saya mengikuti kegiatan di laboratorium Aquaculture di Virginia Tech Uniersity, mengikuti kuliah dan seminar tentang Perikanan di jurusan Fisheries and Wild Nature. Jangan biarkan sedetik berlalu tanpa pengalaman berharga selama kamu di US. Kamu juga bisa menghabiskan waktu kamu di Perpustakaan super lengkap dan nyaman di kampus kamu, atau sekdar jalan-jalan menggunakan bus gratis mengelilingi kota. Atau bermain basket, berenang, voli, gym, di arena olahraga kampus kamu dengan gratis, cukup menunjukan kartu mahasiswa kamu.

Sekali lagi, kamu tidak usah khawatir tentang biaya hidup dan akomodasi selama di sana, semua sudah ditanggung, IELSP adalah beasiswa penuh. Kamu hanya cukup membuat passport dengan biaya sendiri, dan membeli dengan uang sendiri keperluan pribadi kamu.

Ayo semuanya daftar beasiswa ini, mumpung masih muda (hehe). Jika kamu ingin mendaftar beasiswa ini, selalu pantengin website IIEF di:

Informasi terkait dapat dilihat di artikel berikut: Apa yang Seharusnya Anda Punya Agar Diterima dalam Program ke LN


Oleh:
Panca Dias Purnomo
Alumni IELSP Cohort 8
Virginia Tech University, Blacksburg, USA

Key words: Indonesia English Language Study Program (IELSP), beasiswa, student exchange, Kuliah gratis di USA

2 komentar:

  1. Wah keren banget mas..
    Kebetulan ada pendaftaran lagi dibuka dan diumumkan di kampus saya.

    BalasHapus
  2. Sipppm semoga bermanfaat ya...
    AYo buruan daftar juga...

    BalasHapus

Read Also

  • Keluarga - Hidup itu akhirnya adalah tentang membuat prioritas dan memilih, Semakin tua usia kamu, semakin kamu makin tau apa yang benar-benar prioritas untukmu, unt...
    7 bulan yang lalu