Every journey always begins with one step, Semua perjalanan bermula dari satu langkah kaki ....

Minggu, 20 Maret 2011

Cinta Dulu atau Bangga Dulu (2)

Assalamualaikum wr wb.


Semoga kesehatan dan kesejahteraan selalu terlimpah kepadamu wahai saudara saudaraku.

Aku sudah merasakan benar bahwa persaudaraan yang didasarkan atas nama tuhan tidak akan pernah luntur meski dibatasi ruang dan waktu di dunia ini. Bertemu saudara seiman di perantauan yang jauh dari tempat kelahiran menumbuhkan rasa peduli dan sayang yang sangat satu sama lain. Subhanallah....


Aku sudah pernah menulis npte dengan judul yang sama entah kapan, yang masih aku ingat aku membuat note pertamaku itu bersambung karena masih ada tulisan yang belum sempat aku sampaikan didalam noteku yang pertama. Aku menulis noteku yang kedua ini dengan harapan bisa menyambung makna dari noteku yang pertama.


Cinta dulu atau bangga dulu?aku telah menyampaikan sebelumnya bahwa rasa bangga dan cinta kepada sesuatu tumbuh karena ada alasan. Dasar atau alasan yang membuat sesuatu itu bisa dicintai dan dibanggakan. Sebagai contoh, aku mencintai dan bangga kepada keluargaku karena ......... Aku mencintai dia karena ........ Aku bangga dengan negaraku karena ........ Alasan yang dapat memudahkan tumbuhnya rasa bangga dan cinta lebih mudahnya dicari yang mempunyai ciri khas atau berbeda dari kebanyakan lainnya. Alasan tersendiri yang membuat diri sendiri cinta dan bangga kepadanya. Alasan itu tidak harus diakui oleh semua orang, yang penting alasan itu bisa membuat diri sendiri merasa cinta dan bangga kepadanya..Generalisasi atau pandangan yang sama dari semua orang tentang alasan penumbuhan rasa cinta dan bangga itu akan sangat sulit dicapai, karena setiap orang mempunyai kriteria yang berbeda. Contoh, aku mencintai pacarku, karena "aku" pikir dia perhatian kepadaku. Aku mencintai pacarku karena dia perhatian kepadaku, pandangan semua orang bahwa pacarku perhatian kepadaku, tidaklah penting bukan?dan itu cuma contoh, atau perumpamaan.


Hemm, mungkin diantara kamu ada yang mengernyitkan dahi dengan statementku diatas. Entahlah, silakan dicerna sendiri. Sekarang mari kita terjemahkan hal ini melalui kacamata pengurus organisasi dan mahasiswa sebuah universitas. Teman-teman, inilah sebenarnya yang ingin aku katakan :rasa bangga dan cinta khususnya kepada institusi yang menaungi kita, tidak akan pernah muncul jika institusi itu tidak mempunyai sesuatu yang dapat kita jadikan alasan untuk dicintai atau dibanggakan. Anda tidak akan pernah bisa mencintai dan membanggakan organisasi, almamater, diri sendiri, jika hal itu tidak mempunyai sesuatu yang layak dibanggakan.


Yang ingin aku tekankan sebenarnya terletak disini : Yang bertanggung jawab terhadap penumbuhan alasan untuk bisa di banggakan dan dicintai terletak pada setiap orang yang ada didalam institusi dan tentu dirinya sendiri. Jika saat ini, ada yang masih belum menemukan rasa cinta dan bangga kepada organisasi dan almamaternya barangkali Anda belum mempunyai sesuatu yang layak dibanggakan dari organisasi dan almamater Anda. Begitu logikanya, jadi jangan sampai menyalahkan organisasi dan alamamaternya, melainkan coba tanyakan kepada orangnya, apakah Anda sudah mempunyai alasan untuk mencintai organisasi dan alamamter Anda?


Temukan rasa cinta dan bangga disetiap langkah yang diambil, karena sejatinya, sudah layakah Anda bangga dan cinta???setidaknya kepada Anda sendiri.


Wallohualam...

Wassalamualaikum Wr Wb

Ini cuma coretan tidak berartii, tidak usah diperhatikan...hehe


Keenwood Dr, 1105, Blacksburg, VA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read Also

  • Keluarga - Hidup itu akhirnya adalah tentang membuat prioritas dan memilih, Semakin tua usia kamu, semakin kamu makin tau apa yang benar-benar prioritas untukmu, unt...
    7 bulan yang lalu